Tutorial ini mungkin tidak terlalu banyak dicari orang, tapi saya merasa ini penting setidaknya untuk berjaga-jaga jika suatu hari saya lupa dengan cara ini, biar gak ribet nyari ke tempat lain. Saya sendiri menggunakan cara ini jika hendak membuat deodex pada stock rom yang saya pake, kebetulan Xperia saya sudah UBL jadi tidak bisa diupdate secara otomatis jika ada pembaruan system.

Oke... Langsung aja ke pembahasan.
Pertama tentunya anda sudah memiliki file berekstensi .ftf, yaitu file firmware sony xperia yang biasa kita flash, kalau sudah ketemu, klik kanan pada file tersebut Open with WinRAR atau 7zip. Atau dengan cara merename extensi file tersebut menjadi .zip biar lebih mudah membukanya.

Setelah terbuka, cari file system.sin lalu ekstrak atau cukup dengan drag and drop ke tempat yang anda anggap mudah dicari.

Tahap selanjutnya buka flashtool, pilih Tools dan klik Sin Editor

Kemudian cari file system.sin yang tadi anda ekstrak, pilih dan Open

Selanjutnya klik Extract data, pada proses ini cukup memaka waktu yang agak lama, jadi harap bersabar. Dan hasil dari Extract data tersebut adalah system.ext4.

Setelah itu, buka aplikasi Ext2explore dengan Run as administrator. Setelah terbuka klik File, Open Image. Jika belum punya aplikasi tersebut silakan download disini.

Cari hasil extract data tadi yaitu berupa file .ext4

Perhatikan gambar dibawah ini, klik kanan system.ext4 yang dibuka tadi pada jendela sebelah kanan lalu pilih Save.

Tentukan tempat atau folder dimana kita akan mengekstrak isi dari file system.ext4 tersebut. (saya lebih suka membuat folder dengan nama system di desktop agar mudah dicari). Pada proses ini cukup memakan waktu yang agak lama, tergantung dari banyak dan besarnya isi file-file yang akan diekstrak tersebut.

Jika sudah selesai, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya anda bisa menggunakan file-file tersebut untuk keperluan membuat deodex dan sebagainya.

Demikian cara meng-Extract file dari FTF (Sony Xperia), semoga ada manfaatnya dan bisa membantu anda yang mungkin pada saat ini sedang membutuhkan penjelasan tentang cara ini.

Tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau sekedar untuk absen. hahahaha.... Ikuti terus Bukan CS Biasa, karna disini adalah tempatnya "Membuat yang biasa menjadi luar biasa".

Terima kasih.

7 komentar:

  1. Thanks gan ..
    Sangat membantu sekali thread ini ..

    ReplyDelete
  2. Cara kompres biar jadi file tft lagi gimana gan, hehe newbie

    ReplyDelete
  3. excellent informasi,sangat membantu sekali,thanks

    ReplyDelete
  4. Cara kembalikannya ke estensi sin lagi gimana caranya gan?

    ReplyDelete
  5. Gan minta bantuannya gimana membuat file dump dari firmware hp sony

    ReplyDelete
  6. Kode168merupakan situs judi online terbaik tahun 2023

    ReplyDelete

Labels