Mungkin sudah sangat jarang orang yang menggunakan lenovo a369i ini, tapi saya yakin masih ada segelintir orang yang masih mempertahankannya dengan alasan tertentu. Termasuk saya sendiri punya teman yang memiliki lenovo a369i tersebut, meski sudah tidak bisa bersaing dengan smartphone keluaran baru, tapi untuk pemakain sehari-hari masih lumayan, "katanya".

Namun Lenovo a369i punya teman saya tersebut punya penyakit bulanan yaitu bootloop. Kenapa saya katakan penyakit bulanan?, karna kejadian itu terus dan terus terulang setiap bulan. Ya... bootloop atau stuck di logo animasi lenovo bootanimation "tidak bisa masuk ke homescreen dan tidak pula mati" kecuali kita mencabut baterai tersebut.

Saya sudah menyarankan kepada teman saya agar lenovo a369i nya diroot saja agar jika terjadi bootloop bisa direset ulang dari menu cwm atau bisa juga flash rom dari cwm, tapi teman saya tidak mau dengan alasan tidak mengerti masalah begituan, sekali pun saya ajarkan dia tetap tidak mau.

Jika anda mengalami masalah seperti yang saya sebutkan diatas, dan lenovo a369i anda belum diroot. Cara mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah, yaitu flash ulang. Download dulu bahannya dari sini, kemudian ekstrak hasil download tadi.

Langkah-langkah :
Buka Flash_tool.exe yang sudah diekstrak tadi.

Lihat pada bagian kanan, cari dan klik Scatter-loading, lalu cari firmware yang tadi didownload, lihat seperti gambar dibawah ini. Pilih file .txt tersebut lalu klik Open.


Maka akan seperti gambar dibawah ini, anda tidak perlu melakukan perubahan apa pun, langsung saja klik Download atau tekan F9 pada keyboar PC anda.


Matikan Lenovo a369i anda, lalu cabut batrainya.



Setelah proses berwana merah seperti gambar diatas, kemudian sambungkan lenovo a369i anda pada PC (tanpa baterai) dan tanpa menekan tombol apa pun pada hp. Jika driver sudah terinstall, maka proses flashing akan dimulai seperti pada gambar di bawah ini. Jika belum terinstall drivernya, maka install dulu, driver sudah saya sertakan pada paket download yang anda download tadi.


Butuh waktu hingga 5 menit atau lebih tergantung dari berbagai hal. Jika sudah selesai maka akan muncul jendela baru bertuliskan Download OK dan bergambar lingkaran seperti gambar dibawah ini.


Selesai sudah, cabut hp anda dan masukan baterainya lalu hidupkan lenovo a369i anda seperti biasa, tapi jangan heran apabila booting pertama agak lama, semua hp setelah diflash ulang booting awalnya pasti lama.

Timbul pertanyaan, apakah cara diatas bisa menghapus data yang ada di memory internal? misalkan foto, musik, dll. Menurut pengalaman saya selama ini, proses flashing seperti diatas tidak menghapus file apa pun dengan catatan file-file tersebut (musik, foto, gambar, dll) berada pada folder asli atau folder bawaan hp (bukan folder baru yang anda buat atau folder hasil dari suatu aplikasi, misalnya folder share it, dll).

Demikian cara mengatasi Lenovo A369i yang stuck di logo boot animation, atau sering juga disebut dengan istilah bootloop. Semoga artikel ini bermanfaat, dan apabila kurang jelas silakan bertanya di kolom komentar.

1 komentar:

  1. Nice ..
    Penjelasan nya manteb bener gan ..
    Thanks ..
    8-) (h)

    ReplyDelete

Labels