Jika dilihat sepintas dari gambar diatas, anda tidak akan menemukan perbedaan dengan posting sebelumnya, versinya masih sama yaitu 11.0.A.0.1. Jika tidak percaya silakan dicek lagi pada post Beranda Xperia versi 11.0.A.0.1 yang lalu, kemudian bandingkan dengan yang ada disini. Hanya saja disini saya melakukan sedikit perbaikan yang menuru saya pantas.

Lalu kenapa harus dibuatkan post baru lagi? kan bisa post yang kemarin link nya ditimpa dengan yang baru, atau post nya diedit secara keseluruhan termasuk gambar-gambarnya. Nah... kalau itu, saya punya pertimbangan tersendiri.

Apakah di versi ini ada penambahan grid? Jawabannya tidak, masih tetap terdiri dari 6 pilihan grid. Hanya di versi ini saya mengganti grid tertentu dengan yang baru, yang paling kelihatan adalah tidak ada lagi pilihan 3x4 karna saya menggantinya dengan 4x5. Alasannya adalah saya berfikir bahwa jarang sekali ada orang yang menggunakan grid 3x4, mungkin karena terlalu besar dan halaman akan menjadi lebih banyak, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan gambar-gambar dibawah ini.

4x5
Gambar diatas pada versi sebelumny adalah grid 3x4 yang saya asumsikan jarang sekali orang memakai grid ini, alasannya mungkin saja karena icon terlihat sangat besar dan banyak memakan tempat. Jadi di versi yang baru ini saya menggantinya dengan 4x5 yang menurut saya tidak terlalu besar.

5x5
Pada versi aslinya grid diatas adalah 4x4 yang menurut saya termasuk yang jarang digunakan juga oleh kebanyakan orang. Maka dari itu saya menggantinya dengan grid 5x5 yang menuru saya lebih kece.

5x6
Grid yang ini memang ada pada home atau launcher aslinya pada versi 11.0.A.0.1, dan menurut saya grid 5x6 ini sangat ideal untuk smartphone dengan dimensi layar 5".

5x7
Untuk yang suka tampilan dengan icon-icon lumayan kecil, anda bisa memulai dari grid yang ini.

6x7
Grid Size 5x7, 6x7 atau 7x7 mungkin tidak akan terlalu terasa perbedaan size icon nya, yang paling terasa adalah semakin banyak grid maka semakin banyak icon aplikasi yang akan terlihat dalam satu halaman.

7x7
Dan yang terakhir adalah grid 7x7, biasanya user xperia jika ingin menggunakan grid dengan jumlah sebanyak ini harus menggunakan launcher yang tersedia di playstore atau dari tempat lain.

Namun, tidak ada salahnya saya ingatkan kembali bahwa launcher atau beranda xperia ini hanya bekerja pada Xperia dengan OS Android 5 ke atas (tested on N by me). Dan Xperia anda harus sudah diroot.

Tertarik?
Langsung saja download disini.

Versi terbaru saat ini 11.0.A.0.3
Update version 11.0.A.0.5
Bagaimana cara menginstallnya?
Jika tidak bisa diinstall seperti apk biasa, maka copy langsung ke system.

  • Nougat : system/priv-app/home-sonyEricsson-release
  • Marshmallow dan Lollipop : system/app/home-release
Untuk M dan L rename home-sonyEricsson-release.apk menjadi home-release.apk sebelum dicopy ke system. Jangan lupa set permission menjadi RWRR setelah itu reboot Xperia anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

12 komentar:

Labels