Dari judulnya mungkin ini sesuatu yang "WAH" banget, tapi sebenarnya tutorial ini bukan tutorial membuat tema melainkan hanya mengedit tema yang sudah ada. Ya... harap dimaklum saja, saya bukan seorang developer melainkan seorang nyubi yang gemar ngacak-ngacak tema yang sudah ada.

Sebenarnya jika ingin membuat tema dari awal, benar-benar dari nol, anda bisa menggunakan theme-creator dari sony yang bisa anda download dari sini. Dan saya pun pernah beberapa kali menggunakan aplikasi ini untuk membuat tema, lebih simpel dan tidak perlu mengedit sampai file-file xml atau bahkan file-file smali, hanya saja kelemahan dari aplikasi ini dari pengalaman saya aplikasinya terlalu berat untuk PC saya yang sudah berumur ini, terutama hard disk yang sudah menginjak usia 10 tahun-an.

Kelebihan lainnya dari menggunakan aplikasi theme-creator ini adalah, tema yang dihasilkan bisa diterapkan di hp sony xperia baik yang root atau yang belum root. Lalu apakah apk tema dari tutorial yang akan saya buat ini tidak bisa diterapkan di hp sony xperia yang belum root? Jawabannya bisa, hanya biasanya ada beberapa yang tidak akan nerap karna membutuhkan sumod/supersu mod/services.jar yang sudah dipatch.
Yang kita butuhkan hanya gambar untuk wallpaper/lockscreen, png-png untuk icon dan sebagainya. Semua sudah terpola dan kita tinggal memasukkan ke tempatnya masing-masing.
Perhatikan pada bagan kiri, anda hanya tinggal memasukkan gambar untuk wallpaper, pengaturan untuk warna statusbar, navbar, dsb sudah ada disana. Intinya, dengan aplikasi ini seseorang yang tidak mengerti sama sekali tentang xml dan smali pun bisa membuat tema yang keren, tergantung dari tingkat ke-kreatifan dia dalam berimajinasi dalam membuat sebuah tema.

Kita kembali lagi ke bahasan awal, yaitu mengedit tema yang sudah jadi menggunakan tools apktool. Sering kita mendownload tema yang kadang ada saja bagian yang kurang kita sukai dari tema itu, entah itu icon apptray nya, atau icon navbar dan sebagainya. Nah, dengan tutorial ini kita bisa mengedit bagian mana dari tema tersebut yang kurang kita sukai. Bahkan kita bisa membuat tema baru dari tema tersebut, tentunya dengan nama lain yang nantinya tidak akan menimpa tema yang sudah kita install.

Bahan yang diperlukan untuk membuat atau mengedit tema dengan metode ini diantaranya:
  • Apktool, terserah apktool apa saja yang biasa anda gunakan, selama itu memungkinkan
  • Tema yang mau anda edit, silakan anda ambil apk nya dari tema yang sudah terinstall di hp anda.
  • Paham tentang decompile recompile
Mari Eksekusi tema yang mau kita edit tersebut.

Copy apk tema yang mau anda edit lalu rename namanya sesuai yang anda inginkan.
Decompile apk tersebut, lalu..... (bersambung ke part 2 ya, biar gak terlalu panjang dan bikin pusing)

0 komentar:

Post a Comment

Labels