Pada posting yang lalu telah saya paparkan tips membeli modem, kali ini saya akan mencoba membuat posting mengenai tips merawat modem agar awet.

Seperti kita ketahui bahwa saat ini harga modem sudah semakin murah dan sangat terjangkau oleh semua kalangan. Akan tetapi perlu diperhatikan, ketika sebuah produsen membuat barang dengan harga murah biasanya kualitasnya pun tidak begitu menjanjikan. Mungkin saja modem yang dijual dengan harga murah tersebut terbuat dari bahan-bahan yang kurang bagus misalnya.

Sebagian besar modem penyakitanya hampir sama, yaitu cepat panas. Dan ini membuat modem anda ketika sudah sangat panas akan berpengaruh kepada koneksi yang mungkin membuat agak lambat, dan yang lebih parah lagi jika modem terlalu panas, bukan mustahil akan membuat modem anda cepat mati (mati total).

Cara yang akan saya paparkan disini sebenarnya sangat mudah dan saya yakin anda pun sudah berpikir seperti ini, caranya yaitu dengan memberikan kipas atau dengan menggabungkan antara kipas dan heatsink (pendingin alumunium) layaknya sebuah processor. hehehehe....

Berikut beberapa contoh yang bisa anda terapkan pada modem anda.



Apalagi jika menggunakan modem seperti gambar diatas, saya sendiri pernah menggunakan modem seperti ini dan panasnya benar-benar minta ampun. Baru beberapa menit saja panasnya udah kaya gimana gitu..... (hehehe... maaf ya yg punya modem tersebut, ini demi kebaikan semua, tidak ada maksud untuk melecehkan).

Ini adalah salah satu cara merawat modem usb anda agar awet, saya yakin setelah anda melihat gambar-gambar diatas, anda akan berfikir untuk membuat yang lain yang intinya adalah untuk membantu modem anda agar tetap dingin, sehingga modem anda bisa awet dan mengurangi biaya pengeluaran anda!

Sekian dan terima kasih.     

11 komentar:

  1. kalo ditempat ane modem smartfren jika ditempelkan ke heatsink malah sinyal berkurang 1 bar...padahal ane sudah beli berharap modem tidak cepat panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah mana, gan?
      kalau daerah ane (bogor barat) ga ngaruh.
      tapi kalau pake kipas doang, gimana tuh?

      Delete
    2. abdi di kebun jeruk, ari akang bogor baratna dimana? abdi urang pamijahan..

      Delete
    3. abdi di ciampea, bogor barat, tapi aya di daerah cibanteng.

      Delete
  2. gan xlo ttup dr modem ilang tu beresiko besar nggak? :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga, bahkan kalau seluruh casing nya dibuka juga ga apa2.

      Delete
  3. cara yang terbaik bar PC dan modem gak panas ya di siram...tapi hati-hati jangan sampai air yang di gunakan kotor nanti bisa merusak PC dan modem anda, semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Labels