Di zaman sekarang ini, rasanya hambar jika kita punya laptop atau komputer namun tidak dibarengi dengan modem. hmmmm..... ujung-ujungnya komputer atau laptop kita cuma dipake buat game aja (tentunya selain ngerjain tugas-tugas kantor atau kuliah/sekolah).

Saat ini banyak sekali modem yang beredar di pasaran, tidak tanggung-tanggung harga pun saling berebut hati pembeli. Kalau dulu modem seperti gambar diatas harganya lumayan mahal alias sedikit jadi pertimbangan untuk membelinya, tapi sekarang harganya udah turun jauh banget, jadi tidak salah kalau saya bilang punya komputer / laptop zaman sekarang tidak lengkap kalau tidak sekalian dengan modemnya. Namun, ada baiknya anda perhatikan beberapa hal sebelum anda membeli modem :

Pertama>>> Tentukan terlebih dahulu provider apa yang hendak anda gunakan, dalam hal ini anda akan menggunakan GSM atau CDMA.
Kedua>>> setelah anda menentukan hendak menggunakan GSM atau CDMA selanjutnya pilih modem yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda akan menggunakan provider GSM, yakinkan bahwa modem yang akan anda beli sudah mendukung HSDPA. Dan jika anda menggunakan provider CDMA pastikan juga jaringannya sudah mendukung EVDO. Ada baiknya anda beli modem yang sudah dibundling, dengan skema bundling setidaknya anda tidak akan direpotkan oleh urusan setting dan tentunya ada bonus paket yang siap anda gunakan. Akan lebih baik jika anda membeli modem yang UNLOCK atau tidak dikunci sehingga bisa menggunakan kartu dari banyak operator, hal ini dilakukan agar ketika operator lain lebih bagus kita bisa segera beralih ke operator tersebut dan begitu sebaliknya. Maklum, para operator sangat jago dalam membuat promo untuk menarik para pelanggan, setelah itu..... hahahaha....
Ketiga>>> Jangan terlalu terbuai dengan harga murah. Modem dengan harga murah memang belum tentu jelek, akan tetapi kita harus menyadari alasan dari sebuah produsen mengeluarkan barang dengan harga yang sangat murah. Masalah ini tentunya tidak perlu dibahas lebih dalam, karena anda pun akan dapat memahaminya sendiri.
Keempat>>> Merk Modem dan Layanan Purna Jual. Ada beragam pilihan modem usb yang bisa kita beli, namun alangkah baiknya perhatikan juga merk dari modem tersebut. Setidaknya jika kita membeli modem dengan merk dari vendor global akan menjadi jaminan awal, dan jangan lupa tanyakan juga mengenai garansinya.
Kelima>>> Pilih Modem yang Support ke semua OS. Yang terakhir ini mungkin tidak terlalu penting jika anda pengguna mati OS Windows, namun bagi anda yang senang dengan gonta-ganti OS misal dari Windows ke Linux atau menggunakan kedua OS tersebut dalam satu komputer/laptop, ada baiknya ana membeli modem yang support dengan kedua sistem operasi tersebut.

Hmmmm... udah kehabiasan kata-kata nich, ya udah dech segitu aja ya posting kali ini, lain kali saya akan bahas mengenai bagaimana cara merawat modem agar awet dan tahan lama.

0 komentar:

Post a Comment

Labels