Saat ini komputer sudah merupakan kebutuhan bagi sebagian besar orang dan bukan merupakan barang mewah lagi. Ya, kini hampir semua orang membutuhkan apa yang namanya komputer, entah itu untuk kerja, internet, game, bahkan ada juga yang sekedar untuk mengoleksi lagu-lagu kesukaannya serta memutarnya disetiap waktu.

Namun tidak sedikit pula para pengguna komputer yang tidak peduli dengan pentingnya tetap menjaga kesehatan tubuh apalagi bagi mereka yang bekerja di depan komputer hingga 8 jam lebih sehari. Mata adalah salah satu organ tubuh kita yang dapat terkena akibat dari penggunaan komputer yang terlalu lama, tidak sedikit orang yang di usia muda tapi penglihatannya sudah berkurang dan harus dibantu dengan yang namanya kaca mata. Untuk itu saya sangat menyarankan kepada anda agar lebih bisa menjaga kesehatan anda khususnya bagi para pengguna komputer yang seolah-olah menjadi kebutuhan primer.

Beberapa tahun kebelakang sebelum ramainya penggunaan LCD, komputer kita masih menggunakan monitor CRT atau yang sering kita sebut monitor tabung, dan mungkin saat ini pun masih ada orang yang menggunakan monitor semacam ini dan mungkin masih banyak. Tips dari saya jika anda masih menggunakan monitor seperti ini harap diatur mulai dari kontras, warna dan pengaturan lainnya senyaman mungkin agar tidak terlalu membahayakan mata anda, pada beberapa jenis monitor ada yang cahayanya sangat tajam sehingga terasa perih pada mata. Tetapi pada jaman sekarang sudah banyak orang yang meninggalkan monitor CRT ini dan beralih ke LCD dan LED, teknologi ini lebih ramah terhadap mata, selain itu menggunakan layar LCD atau LED akan lebih menghemat penggunaan listrik, jadi tidak perlu khawatir tagihan listrik anda membengkak.

Berikut adalah gambar posisi duduk yang baik di depan komputer
Gambar diatas sudah sangat jelas, dimana posisi mata anda (jarak pandang mata ke monitor itu minimal 45 cm) ini jarak ideal, perhatikan juga pada anggota tubuh yang lain. Pada kaki misalnya, gunakan kursi yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek yang mana kedua kaki kita bisa menapak dengan benar pada lantai. Pada bagian tangan, sebaiknya keyboard diletakkan sejajar dengan posisi tangan kita agar tangan kita tidak cepat pegal dan ini baik untuk kesehatan tangan kita. Agar tubuh kita tidak cepat pegal maka posisi badan yang paling baik adalah tidak membungkuk (badan lurus) dan usahakan ada sandaran untuk punggung kita.

Lalu bagaimana jika komputer kita tidak menggunakan meja seperti gambar diatas, atau bagi para pengguna laptop ?
Pada dasarnya sama saja, memakai meja atau tidak kita harus tetap memperhatikan kesehatan tubuh kita. Jadi, sebaiknya kita membuat meja kecil untuk komputer atau laptop kita dengan posisi tangan yang sama seperti gambar diatas, posisikan layar LCD agar kepala kita bisa tetap tegak dan tubuh kita tidak perlu membungkuk. Untuk posisi kaki, sebaiknya buatlah meja yang dibawahnya terdapat ruang kosong dengan kata lain buatlah meja standar sekedar untuk menaruh layar monitor, keyboard serta mouse, dan bagian bawahnya biarkan kosong agar kaki kita diposisikan lurus kedepan atau bahasa gaulnya "diselonjorkan" supaya tidak cepat pegal dan kesemutan. Selain itu, perbanyak minum air putih, istirahat yang cukup serta usahakan untuk membiasakan olahraga walau hanya sebentar.

Sekian tips tetap sehat dengan komputer dari saya, bagi yang punya ide lain seputar tips tetap sehat dengan komputer silakan tulis di kotak komentar.  

0 komentar:

Post a Comment

Labels