Akhir-akhir ini banyak keluhan dari para pengguna smartfren khususnya mereka yang membeli modem baru yang sudah dibundel 1 paket dengan nomornya, dan ternyata pada paket yang baru ini yaitu modem smart dengan tipe AC782 secara otomatis koneksinya menjadi smartfren connex EVO yang diklaim lebih cepat dibandingkan dengan paket internet unlimited, baik itu yang premium apalagi reguler.
Wajar kalau smartfren connex EVO ini lebih cepat dari paket internet unlimited, karena pada paket smartfren connex EVO menggunakan volume based, atau sering kita kenal dengan istilah kuota, dimana jumlah pulsa yang terdapat pada nomor smartfren kita akan secara otomatis menjadi volume dengan nominal tertentu, dan begitu selanjutnya ketika kita mengisi ulang, secara otomatis pulsa yang baru kita isi akan berubah menjadi volume (quota).

Keunggulan dari smartfren connex EVO adalah koneksi yang lebih cepat, namun kekurangannya akan dirasa lebih oleh para pengguna yang berkantong kurang tebal (hehehe...) apalagi para download mania. Karena dengan sistem volume based, ketika kuota sudah habis tidak bisa lagi konek sebelum anda mengisi ulang. Dan berdasarkan pengalaman beberapa orang, untuk pulsa 50 ribu saja akan habis dalam 3 hari (tergantung pemakaian). Sangat berbeda dengan paket unlimited, pulsa 50 ribu bisa digunakan untuk 30 hari (paket unlimited reguler).

Apakah pengguna smartfren connex EVO bisa pindah ke paket unlimited ?
Berdasarkan pengalaman teman yang kebetulan saya sendiri yang membantunya, jika kita membeli modem smart AC782 yang sudah otomatis menggunakan jaringan connex evo, tidak akan bisa pindah ke paket unlimited biasa walaupun ada perintah untuk berhenti berlangganan smartfren connex evo.

Cara yang terbaik mengatasi masalah ini ?
Cara ini sangat ampuh dan sudah saya buktikan, yaitu dengan cara mengganti simcard smartfren anda dengan yang baru. Timbul pertanyaan "modem smartfren AC782 kan di-lock"? Ini yang perlu dipahami, yang di-lock habis (dikunci permanen) adalah kartu simcardnya, dia tidak akan bisa dipakai pada modem jenis lain. Sedangkan untuk modem AC782 dia memang di-Lock, tapi lock (dikunci) disini hanya untuk provider lain. Sedangkan jika anda mengganti dengan simcard smartfren yang baru sah-sah saja dan bisa dilakukan, dan ini cara yang sudah saya pakai dan saya buktikan.

Satu lagi catatan yang perlu anda perhatikan jika akan mengganti simcard smartfren anda dengan yang baru, belilah kartu perdana smartfren baru yang berwarna putih dan jangan yang berwarna merah. (Alasannya tidak perlu saya jelaskan, karena anda akan tahu sendiri). hehehehe..... 





Update (29-08-2013)

Cara menonaktifkan atau berhenti berlangganan paket Connex EVO melalui Member Area atau Data User Personal Dashbor

Register/daftar di http://data.smartfren.com, cara daftarnya sangat mudah, anda hanya perlu memiliki sebuah email aktif, saya rasa semuanya mengerti cara daftar akun smartfren.
Di dalam Member Area atau Data User Personal Dashboard, lihat di gambar di bawah. Anda akan lihat tombol untuk “Non Activate Evo” “Connex Evo OFF”. Klik tombol tersebut. Bisa juga dengan klik di bagian “NOTICE” di pojok kanan atas, klik di link “Connex Evo OFF”.

Tapi saya belum mencobanya, karena saya sendiri sudah tidak menggunakan lagi Smartfren yang katanya "anti lelet" itu. hehehehe.... 
ga sengaja mampir kesini, jadi dicoba aja siapa tahu bermanfaat.

249 komentar:

  1. Gan saya udah coba ganti kartu pake kartu lama saya. Tapi kenapa gakbisa melakukan panggilan keluar ya? (Cek pulsa) apa ganti kartunya harus bener2 kartu baru? Masalahnya pulsa di nomer lama saya masih banyak :( please help gaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk melakukan panggilan, pastikan jaringan berada pada mode hybrid (jangan pake EVDO Only).

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Nice Info Gan :)
    pantas aja ane bingung pas baru isi pulsa 100rb pas ane check kok jadi volume 6Gb :d hehe, gak taunya pake sistem purchase :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan!
      Kaya'y semua provider jago di promo doang, kalau pemakainya sudah banyak, pasti bikin aturan baru lagi. Ane udah ngalamin beberapa provider.

      Delete
  4. Gan, maksudnya jangan beli yang warna merah ?? :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri ga tahu apakah ada perdana smartfren yg simcard nya berwarna merah (hehehehe....) tapi berdasarkan pengalaman, jika diganti dengan simcard yang berwarna merah (simcard bawaan modem smart tipe yg lain) itu sama aja bohong alias tidak bisa digunakan pada modem AC782 karena simcard jenis itu sudah dilock untuk tipe-tipe tertentu saja. Dengan kata lain, jika anda membeli perdana baru (simcard berwarna putih) 100% cara ini berhasil dan sudah saya buktikan. Maaf kalau kata-katanya membingungkan, maklum blogger kacangan. hehehehe....
      Terima kasih udah mampir.

      Delete
    2. Oh, berarti yang kartu perdana yang dijual di pasaran bisa semua kan ? yang jelas bukan dari kartu modem...

      Delete
    3. sy udah beli kartu smartfren baru , yg warna putih
      tp ttp saja masih kuota
      gimana tuh gan?

      Delete
    4. Masa sih? Saya udah buktikan trik diatas berkali-kali bukan cuma sekali dan semuanya bisa dan berjalan normal. Dicoba lagi aja, ikuti sesuai petunjuk saat aktivasi kartunya. Kalau mau saya ada simcard baru yang udah diaktifkan dan belum dipake. hehehehe...

      Delete
    5. Sy sdh pake connex evo dan ternyata jaringan stabil di 0kbps. Pdhal sinyal full, knp ya?

      Delete
    6. Mungkin kuotanya sudah habis, tapi kalau kuota habis biasanya tidak akan bisa konek. mending diganti aja simcardnya mba siti zulaikha... lalu ganti ke paket unlimited aja. Tapi kalau mba zulaikha kelebihan uang ya sialakan aja bertahan di connex evo.

      Delete
  5. Saya Sendiri Hampir 2 Tahun Pakai Simcard Dari Mega Estra. Soalnya Kartu Bawaan Modem Jelek. Mampir Dong Di http://goo.gl/ZGDCg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih info'y gan, kapan2 saya pasti berkunjung ke situ.
      Mudah-mudahan info dari agan bisa jadi salah satu solusi bagi yang lain.

      Delete
  6. Terima kasih info'y gan, kapan2 saya pasti berkunjung ke situ.
    Mudah-mudahan info dari agan bisa jadi salah satu solusi bagi yang lain.

    ReplyDelete
  7. klo simcard yang putih itu bungkusnya yang gimana bang???
    klo yang merah gimana yang putih gimna??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya simcard yang berwarna merah tidak dijual dipasaran, yang sering saya temukan di konter-konter semua berwarna putih karena yang berwarna putih ini tidak dilock jadi bisa dipake buat apa aja, buat modem atau hp juga bisa. harganya juga murah, cuma 5 ribu.

      Delete
    2. Hahaha... mas cahya daerah mana, koq bisa mahal banget sih...!

      Delete
  8. sepertinya simcard yang berwarna merah tidak dijual dipasaran, yang sering saya temukan di konter-konter semua berwarna putih karena yang berwarna putih ini tidak dilock jadi bisa dipake buat apa aja, buat modem atau hp juga bisa. harganya juga murah, cuma 5 ribu.

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Ga pa2 bro. Pengalaman adalah kunci kesuksesan. hwakakakkakaka.... ga nyambung ya! ga pa2 juga deh. Makasih gan udah mampir.

      Delete
  10. Gan saya mau nanya Klo saya ganti kartu perdana buat modem saya,kira"Pas registrasinya itu di modem apa di hp ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung di modem aja, caranya ikutin petunjuk yg ada di perdananya aja. Itu yg saya lakukan waktu bantu temen saya yang kasusnya seperti diatas.
      Terima kasih udah mampir.

      Delete
    2. Makasih gan,Membantu sekali (h) (o)

      Delete
    3. Sama2, senang jika bisa saling berbagi pengalaman.

      Delete
  11. Saya ganti kartu putih, malah evdonya jd gak kebaca sinyalnya, cm bisa 1x. Padahal pake modem cdma lain dg kartu modem smartfren di tempat yg sama dan bisa. Knapa bisa begitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nte udah yakin pengaturannya ada di EVDO ?
      Coba cek lagi! atau coba kartu yang lain (Smart juga, pinjam punya teman). Kalau masih ga bisa berarti modemnya yang bermasalah.

      Delete
  12. kalo habis beli provider baru, terus diapain min? plis bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Provider apa bos? yang jelas!
      Modemnya merk apa?

      Delete
    2. pengen ganti provider smartfren. modem smartfren connex evo AC782. bisa jadi unlimited gak tuh?

      Delete
    3. Bisa, ikuti aja cara yang udah dijelasin diatas, itu udah terbukti, saya sendiri udah membuktikannya.
      Terima kasih.

      Delete
  13. coba ah.. thank;s gan, infonya sngat membantu.. :-)

    ReplyDelete
  14. gan mau nanya,, butuh info nihh,,
    modem ane smartfren ac782, ane pake cuma sebulan (masa gratis) setelah itu ane cuekin dah, kagak ane beliin pulsa,, setelah 3 bulan lamanya ane mau make lagi,,ane mau beliin pulsa,, setelah mau colokin modemnya (mau ngisi pulsa), malah kagak kedeteksi di PC, ane udah cobain semua portnya tp tetep gak bisa,, oh iya lampu di modemnya redup gan,, kenapa tuh gan kira2? mohon infonya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasusnya hampir sama seperti punya temen ane, solusinya coba dites di komputer/laptop yg lain, jika di komputer lain normal berarti komputer/laptop anda yg bermasalah, tapi jika di komputer lain sama saja, maka bisa dipastikan modemnya yang bermasalah, dan bukan cuma anda yg mengalami seperti itu, salah satunya teman saya, dan mungkin masih banyak yang lainnya juga.
      Terima kasih.

      Delete
    2. sama aja gan, dilaptop ane juga ane coba, dan ternyata nihil hasilnya,, gak ada perubahan,, mungkin emang bener kalii ya dari modemnya yg bermasalah.. penyaki seperti itu terjadi karena apa ya gan??

      Delete
    3. Setahu ane sih, modem type ini termasuk modem usb yg sangat tipis dan itu rentan terhadap panas, dalam hitungan menit panasnya sudah tidak ketolong deh. heheheh... Ada baiknya gunakan pendingin seperti kipas, atau coba anda tengok artikel tentang merawat modem pada blog ini juga, karena sebelumnya saya pernah membuat posting tentang merawat modem agar awet. Terima kasih.

      Delete
    4. ikut nimbrung mas bro, untuk bro Panjiama Mulya, coba lagi laptop lain atau pake PC yang powernya kuat, biasanya trus normal, kalo masih juga sperti itu brarti ada kemungkinan modem agan powernya dah lemah biasa kena di hardware.

      Delete
    5. Saran dari Mas Dzaky Zhafir ada baik juga dicoba, semoga sukses!

      Delete
  15. Oh bisa pke simcard yg 5rb y gan? Thanks gan, ane bkal coba.
    BTW, Smartfren emg @$u maen ganti pulsa kt k kuota tnp konfirmasi dulu.

    ReplyDelete
  16. Oh bisa pke simcard yg 5rb y gan? Thanks gan, ane bkal coba.
    BTW, Smartfren emg @$u maen ganti pulsa kt k kuota tnp konfirmasi dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa. Kalau udah ganti langsung isi aja paket unlimited bulanan, mau yg 50 atau 100 juga bisa.

      Delete
  17. keren omm infonya..
    pelanggan saya jadi ga kejebak lagi sama yang namanya paket quota..
    makasih omm :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa wae yeuh "Jang Dhoiif".
      Dhoiif namanya, tapi strong orangnya.
      Hehehehe...
      Siip.. lah wa, tandean terus duit pulsana.

      Delete
  18. waduh,,,saya kebetulan beli modem smart yang baru,,,pantesan nih pulsa kok cepet abis,,,
    bisa ngga dalam satu modem kita pakai 2 kartu,,maksudnya kalau lagi lemot di unnlimit kita ganti sementara ke evo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja, jaringannya sama, cuma beda di paket doang! kalau mau cepet ya pake yang EVO tapi akan menguras kantong, kalau mau yg hemat ya pake yg paket unlimited.

      Delete
    2. Thank's Gan infonya ...sip mo gw coba dulu klo ada tulisan invalid PIN.RUIM card disable kenape ya gan dan gimana solusinya ?

      Delete
    3. iya nih.syailendra...kita punya masalah yang sama tolong bantuan nya don Om Al Cipay..

      Delete
    4. Mohon maaf baru bisa balas, sebelumnya saya mau tanya apakah anda sudah mencoba dengan kartu yang lain (smart). Coba anda perhatikan pada fisik kartu tersebut, apakah kartu tersebut 32kb, 64kb atau 128kb. Biasanya ini yang suka menjadi masalah dalam hal tersebut.

      Delete
  19. makasih gan atas infonya:)pantesan ane ngisi pulsa langsung otomatis kepaket:-(

    ReplyDelete
  20. gan kalo modem ane AC692 UI
    ane pakein kartu lama kok gak bisa ya gan? dari modem smart yang C201 UI (kalo gak salah)
    apa harus beli kartu yang bener2 baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ana sendiri belum pernah menggunakan tipe seperti yg anda tulis, tapi kalau berkaca pada materi diatas, yang dikunci habis2an itu kartunya, jadi kartu pada tipe tertentu tidak bisa digunakan pada tipe lain. Sedangkan untuk modemnya, dia cuma dikunci dari provider lain kecuali modem yang unlock (bisa menggunakan kartu apa saja asal sama2 cdma).

      Delete
  21. gan sharing cara daftarin ke paket unlimited nya donk....soalnya di box yg SF AC782 udah ga ad tu cara regis ke unlimited thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ulimited harian :
      *123*3*2*1 atau bisa sms ke 123 dengan format Data Unl1

      Reguler 50rb/bulan
      *123*3*3*30*0 atau bisa sms ke 123 dengan format Data R30

      Premium 99rb/bulan
      *123*3*2*30 atau bisa sms ke 123 dengan format Data Unl30

      Mudah-mudahan bisa membantu. Terima kasih.

      Delete
  22. Waduh ane telat berkunjung ke blog ini neh...pertama ane beli modem smartfren AC782..pas gtu kan gk bisa unlimited..cuma kiuat seminggu doang kuota gratisnya..terus ane isi 50rb..cuma kuat 4 hari sesudah itu kuota 0....saking ane puyengnya tuh gk bisa surving2..modem ane tukar dengan modem butut smartfren CE682 punya teman ane..karena CE682 masih unlimited...duh nyesel ane gan..

    ReplyDelete
  23. Waduh ane telat berkunjung ke blog ini neh...pertama ane beli modem smartfren AC782..pas gtu kan gk bisa unlimited..cuma kiuat seminggu doang kuota gratisnya..terus ane isi 50rb..cuma kuat 4 hari sesudah itu kuota 0....saking ane puyengnya tuh gk bisa surving2..modem ane tukar dengan modem butut smartfren CE682 punya teman ane..karena CE682 masih unlimited...duh nyesel ane gan..

    ReplyDelete
  24. gan saya mau tanya kan saya beli pulsa 100rb buat modem smartfren AC692 pass saya datang kerumah saya cek pulsa saya 0rp,tapi saya cek ke *995 kouta saya bertambah.
    terus saya mau bertanya cara berhentiin biar tidak menjadi otomatis gimana gan...???biar bisa menjadi unlimited

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman saya, jika paket internet tersebut sudah menjadi EVO itu tidak bisa dihentikan walaupun dalam buku panduannya ada petunjuk untuk berhenti dari layanan Smartfren Connex EVO (silakan dibaca lagi panduan penggunaannya). Jadi satu-satunya jalan terbaik adalah dengan mengganti kartu perdana.
      Mudah2-an bisa membantu.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  25. wah, pas bgt saya buka ni page. barusan minta dikirimin pulsa 50.000 ke tukang pulsa buat ngisi modem AC692 UI , eh sama tukangnya malah dikirimin, 5000 perak, enggak tau dianya salah kirinm nominal apa dia ngira gue gak bisa bayar kalo minta 50.000. tapi intinya pas cek pulsa , eh langsung 0. tapi nambah kuota internet. jadi sebel, karena awalnya mau saya paketin ke unlimited, tapi jadi bersyukur juga si tukang pulsa ngiriminnya cuman 5000. jadi harus ganti kartu, gan? aku punya dua nomor smartfren sih, yang satu bawaan handphone type jambu, tapi aku beli lagi yang simcard putih, soalnya yang bawaan nomornya jelek. beneran bisa di pake ke modem gak nih gan? takut gak bisa.btw thanks info2nya di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, kan ane bikin artikel ini dari pengalaman pribadi, jadi bisa dipastikan kebenarannya. heheheh.... kapan2 kalau salah dikasih nominal pulsa, ga usah dibayar aja. hehehe.... atau mungkin dia lagi ngelamun kali....

      Delete
  26. betul gan, connex evo emang bener bener lebih cepat gan:
    1. lebih cepat koneksinya
    2. lebih cepat abis duitnya
    3. lebih cepat panas
    4. lebih cepat bikin ane kesel
    5. lebih cepat ingin ane banting and hancur leburkan seperti modem samrtfren ane sebelumnya (CE682)



    ReplyDelete
    Replies
    1. Poin 1-4 ane setuju, tapi untuk poin no.5 sayang banget kalau harus dibanting terus dihancur leburkan, mending dibikin gantungan kunci aja. heheheh.... kalau ga buat gantungan hp kan lebih bagus. hahai.... :d :d :d :d :d

      Delete
  27. gan, kan ane udh beli plsa 50000,, terus ane daftarin paket unlimited 30 hari itu, tapi malah gk bisa, krna kakak ane udh pke krtu itu buat paket BB, nah plsa itu di ambil sama paket BB itu dan tidak bisa di OFF kan lg, jadi ane patahin deh kartu itu,,
    sekarang kalo ane beli kartu perdana smartfren di konter2 yang bwarna putih itu, apa bisa buat modem gan,,
    tolong penjelasannya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, kan emang itu jalan satu2 nya untuk masalah dalam artikel diatas. Beli perdana cuma 5rb terus aktifkan, isi ulang 50rb terus daftarin paket yg biasa (unlimited bulanan reguler) kalau mau yg premium isi ulangnya langsung 100.000,-

      Delete
  28. apakah bisa kartu smartfren bwarna putih itu di daftarkan paket 50000 sebulan ,,
    tolong penjelasannya gan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah jelaskan diatas, itu bisa. silakan beli kartu perdana smartfren yang harganya 5rb, kemudian aktifkan terlebih dahulu. Setelah kartu perdana tadi aktif silakan anda isi ulang dengan nominal yang anda inginkan, 50.000 (untuk paket reguler) dan 100.000 (untuk paket premium). Jika pulsa sudah dicek dan masuk, silakan anda daftarkan seperti biasa, untuk cara daftar paket sudah saya jawab pada pertanyaan saudara rio wicaksono diatas, silakan dilihat2 lagi.
      terima kasih.

      Delete
  29. gan kalau simcard smartfren yang putih , , bisa di pakai buwat ce682 nggak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya bisa, karena saya juga pernah mencobanya (kalau saya ga keliru), punya saya juga ce682 dan pernah dicoba pake kartu yg berwarna putih itu. Yang penting bukan kartu dari smart tipe lain yg memang sudah dilock untuk tipe tertentu.

      Delete
  30. kecepatan krtu yang bwarna putih sama sprti kartu aslinya ( yang bwarna merah )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja, itu tergantung dari paket yang kita beli, kalau pake paket 50.000 (reguler) pasti cepetnya beda dengan paket 100.000 (premium).

      Delete
  31. okee deh thanks mas,
    gk rugi sya brkunjung di artikel ini,, (h) (o) :-d :) (f) :>) :p x-) =p~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga buat anda yang sudah sudi berkunjung ke blog ane. hehehehe....

      Delete
  32. gan. ganti krtu smartfren itu efek buat modem ce782 gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman saya, sudah hampir 3 bulan tidak ada efek apa2 pada modem ac782 yang setiap hari digunakan oleh saudara saya, cuma modem ini memang sangat tipis dan sangat panas, untuk itu perlu diberi tambahan pendingin agar koneksi stabil dan umur modem bisa lebih awet.

      Delete
    2. bukan ac782 gan. yg saya maksud modem ce782. trus maksud saya yg gnti kartu samrtfren dari yg connex evo ke smartfren yg baru beli yg warna putih itu bisa aktifin paket unlimited gk buat modem ce782 ? kan yg gan jelasin tuh modem ac782.

      Delete
    3. Iya, saya juga ngerti, saya itu cuma kasih contoh, karena saya belum pernah pake modem yg ce782 jadi saya pakai dari pengalaman saya. Intinya, selama modem itu bisa dimasukin kartu perdana yg baru dan berjalan lancar, sepertinya tidak ada efek apa-apa, dan selanjutnya tergantung pada kita dalam merawat modem tersebut. demikian bos, mohon maaf kalau kurang dimengerti.

      Delete
    4. Kalau dari pembaca yang lain pernah ada yang menggunakan trik ini dengan menggunakan modem tipe ce782 mohon dishare untuk jawaban lebih jelas dari pertanyaan saudara Daniel Tanono. Terima kasih.

      Delete
    5. owh bgtu gan kyknya sih bisa. nanti deh tgu nih kuota abis baru gw ganti krtu yg baru bisa bisa unlimited wkwkwk.. thx gan

      Delete
    6. Siip.... kita saling berbagi pengalaman aja!
      Demi kebaikan generasi berikutnya. hehehehe...

      Delete
  33. Kepada Agan2 yg lain yg udah pernah mencoba trik2 lain dalam masalah ini, mohon dishare ya! karena saya memposting artikel ini bukan karena merasa paling pinter, tapi ini semua saya angkat dari pengalaman saya selama menggunakan smartfren, dan mohon maaf kepada semua jika ada jawaban dari saya yg kurang memuaskan, mudah2-an agan2 yg lain bisa membantu memberikan jawaban yg paling tepat.
    Terima kasih atas kunjungannya di blog ini. Dan mohon untuk saling men-share pengalaman demi kebaikan user2 yg lain...

    ReplyDelete
  34. thx gan infonya bermanfaat bgt trus kalo udah ganti kartu & registrasi kartu apa perlu disetting lagi modemnya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu disetting lagi, karena itu cuma beda paket aja, sedangkan setting jaringan sama aja. cuma perlu diperhatikan, jika di daerah anda bisa menangkap sinyal EVDO, sebaiknya gunakan EVDO Only jangan gunakan Hybrid.

      Delete
    2. oh gitu berarti tinggal registrasi kartu sama registrasi paket aja ya?
      emangnya kenapa gan kalo hybrid? punya saya udah di setting hybrid? bisa diubah ke evdo?

      Delete
    3. Kalau pake hybrid tentunya pada interface modem akan terlihat 2 sinyal yaitu 1x dan EVDO. dan ini berpengaruh pada kestabilan sinyal yang didapat. Selain itu, modem akan lebih cepat panas karena dia mencari kedua jaringan tersebut secara bersamaan. Jadi, jika di daerah anda sinyal EVDO bisa didapat lebih baik gunakan EVDO Only karena EVDO setara dengan HSDPA pada GSM. Jadi koneksi internet anda mungkin lebih cepat dan stabil jika menggunakan EVDO.

      Delete
    4. maaf gan saya mw tanya, klo mw me non aktifkan hybrid gmna gan?
      thx before

      Delete
    5. maaf gan saya mw tanya, klo mw me non aktifkan hybrid gmna gan?
      thx before

      Delete
    6. Buat Sukron Dawami >> cara menon-aktifkan hybrid masuk aja ke setting/pengaturan, ada pilihan 1x, hybrid, EVDO only. pilih aja yang EVDO Only.

      Delete
  35. gan klu uda ganti kartu, kartu yg lama msh bs d pkr g??? sapa tau pngen balik k paket kuota lg...

    ReplyDelete
  36. gan klu uda ganti kartu, kartu yg lama msh bs d pke g??? sapa tau pngen balik k paket kuota lg...
    kan jd enak klu pngen unlimited tinggal ganti kartu, klu pngen kuota tinggal ganti kartu...

    ReplyDelete
  37. Thanks gan infonya sangaaaaat bermanfaaat (h) :)

    Gan kalo modem saya modem AC692, itu bisa ga diganti sim card nya ?? :-?

    Soalnya paket connex evo ini loh, saya kan tukang download, 5 hari ehh, udah abiss. apeess apess.. emang ya promosi doang :-t :-b

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asal diganti dengan simcard yang baru ya! bukan simcard dari modem tipe lain.

      Delete
  38. gan,mau tanya juga nie,,modem saya kan CE81B ,,apa juga bisa di ganti simcardnya?
    mohon infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah nyoba tipe itu, tapi setahu saya dari pengalaman menggunakan tipe yang lain, pasti bisa koq, asal diganti dengan simcard yang bukan dari tipe modem yg lain. Kalau pun ngga yakin, ga rugi2 banget kalau mau nyoba, beli aja simcard baru harganya cuma 5rb.Bisa atau engga nya ga akan ngerusak modem koq. santai aja....! hehehe...

      Delete
    2. saya dah coba ganti dengan simcard laen,tp itu simcard dr tipe modem lain sih,,jd gak bisa ya?dan harus beli simcard baru ya?hehe
      satu lagi gan,itu modem kan Rev.B tetep bisa d ganti ke paket unlimited ya?

      Delete
  39. Saya belum pernah nyoba tipe itu, tapi setahu saya dari pengalaman menggunakan tipe yang lain, pasti bisa koq, asal diganti dengan simcard yang bukan dari tipe modem yg lain. Kalau pun ngga yakin, ga rugi2 banget kalau mau nyoba, beli aja simcard baru harganya cuma 5rb.Bisa atau engga nya ga akan ngerusak modem koq. santai aja....!

    ReplyDelete
  40. bang kalo pulsa udah terlanjur berubah jadi volume based apa bisa di kembaliin lagi menjadi bentuk pulsa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa, kalau udah jadi volume based, ya tinggal dinikmati aja sampai habis. hehehehe...

      Delete
  41. ane dah beli yg smartfren warna putih koneksinya kayak keooonggg (p)
    tapi pinjem smart yg warna merah 64k punya kakak koq koneksinya rata2 ampe 150 kbps [-(
    dimana gan klo pengen beli simcard yg cuma logo smart warna merah :-?

    ReplyDelete
  42. smartfren ane ac692 kok gak bisa di ganti ke mode evdo only ya?? semacam di lock itu mode nya jd Hybird terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dipake di komputer lain atau di lokasi yang lain, kalau masih seperti itu juga akan lebih baik jika menghubungi customer care smartfren nya, mungkin itu kesalahan dari modemnya (gagal produksi).

      Delete
  43. infonya bermanfaaat bangettt =)) (h)
    berarti kudu ganti simcard baru ya gan?
    modem saya AC692 dan pakai paket connex evo, tapi ga enak soalnya saya suka streaming ama downloading, 4 hari udah abis (p)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang begitu, kalau mau paket unlimited mesti ganti kartu, kalau yg paket EVO tidak bisa distop meskipun ada perintahnya.

      Delete
  44. gan numpang tanya modem smartfren ane (ga tau tipe apa, pokoknya yg item ada tulisan EV-DO) kenapa y ga bisa cek pulsa, sms, atau melakukan panggilan. tp bisa konek internet. gara2 itu jd ga bisa daftar paket internetan.. kemakan terus ni pulsa.. mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melakukan cek pulsa atau panggilan dan sms mesti ada di jaringan hybrid atau 1x. Jadi pada pengaturannya harus dirubah dulu ke hybrid atau 1x lalu daftarin deh ke paket unlimited, setelah paketnya aktif balikin lagi ke EVDO Only agar koneksi internet lebih cepat dan stabil.

      Delete
  45. Seep~gw udah cemas kantong kering~ ;-(

    ReplyDelete
  46. gankok modem ane pas guwe tancepin ada pesan "invalid pin code, RUIM is disabled" gmn ya solusinya. padahal guwe gak make kode, 1 jam sebelumnya guwe pke modemnya lancar2 ja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... admin belum pernah ngalamin kaya gitu, tapi coba aja dipeke di kompi yg lain atau diinstall ulang software modemnya, kalau semua cara sudah dilakukan dan masih seperti itu juga mungkin modemnya yg bermasalah. Tapi ngomong2... kejadian seperti itu terjadi setelah diganti kartu atau gimana tuh? kan kurang jelas pertanyaan dari judul artikel ini. terima kasih.

      Delete
  47. kayaknya memang koneksi internet hybrid yang stabil pakenya sim smart merah itu, soalnya gara-gara sim smart merah gw daftarin conex evo dan nyesel karena jadi boros, akhirnya guwe beli sim smartfren baru yang putih biar bisa pakai paket reguler unlimited tapi kok jadi sinyalnya cuma dapet cdma doang, pas gak konek sih hybrid tapi dah diconek jadi cdma and super lemot, kayaknya susah nih cari sim yang smart doang yang merah itu, gmana ya biar sinyal internet smartfren gw stabil di hybrid, modem gw EC1260-2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh ya! padahal dari pengalaman saya dan teman2 justru kalau pake hybrid kurang stabil karena sinyal 1x dan EVDO Only akan hidup dan masing2 akan mencari sinyal yang kuat. Atau mungkin daerah juga mempengaruhi, kalau di daerah saya (bogor barat) pake mode EVDO Only lebih stabil karena dia cuma akan mencari dan mengandalkan jaringan ENDO Only. Kalau untuk menstabilkan sinyal di hybrid mungkin agak sulit (daerah saya) karena dalam modem hybrid pasti akan hidup 2 sinyal yaitu sinyal 1x dan sinyal EVDO. Mungkin salah satu alternatif dengan menggunakan antena tambahan.

      Delete
  48. thanks gan, artikelnya sangat bermanfaat. (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas Aji. aduh... jadi bikin inget TIMNAS INDONESIA namanya mas yang ini. hehehe...

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. gan numpang tanya,sblmnya ane punya 2 modem smartfren CE682, dan CE782.
    berhubung CE682 ane ilang, tp kartunya msh ad, trs ane kanibalin ke CE782.
    Tp knp g' bisa koneksi, g' bisa cek pulsa, pokoknye g' bisa ngapa2in gan,,,
    mohon penjelasannya,,,makasih........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu seperti yang saya jelaskan diatas, kartu itu dilock/dikunci pada salah satu tipe tertentu, jadi tidak bisa dipakai di modem lain, dan saya juga pernah mencobanya. Kalau sobat mau ganti kartu, ganti dengan kartu yang baru jangan kanibalan dari modem lain walau pun masih sama2 smartfren tapi biasanya sudah dilock oleh provider dengan modem tipe itu saja. Terima kasih.

      Delete
    2. terima kasih gan atas penjelasannya,,,,
      rugi pulsa 50rb g' jd masalah dr pd harus ganti modem,,,,, (h)

      Delete
  51. modem smartfren AC692 Rev A bisa dipakai buat wifi apa ga bro...

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. bang mau tanya, sayakan baru beli modem smartfren AC782, nah pulsanya udah saya isi 100rb ttpi internetnya tidak bisa di gunakan ?
    trus saya gnti kartu smartfren yg baru kartu yg putih dan bisa, itu kenapa krtu yg bawaan kok gak bisa ya ? mohon solusinya, sayang soalnya 100rb melayang gitu aja -___-

    ReplyDelete
  54. besok langsung saya coba gan...tq infonya..

    ReplyDelete
  55. Wah, ane terlanjur beli CE81B nih, untuk gantiin EC1260-2 yang tiba2 matot, gak kedetect di lepi dan lampu indikator juga kagak nyala. Kalau CE81B bisa ganti ke paket unlimited gak gan? Trus kalau mau balik ke evo apa harus pake kartu bawaan?
    ________________
    #AsyikSekali ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa asal ganti kartu dengan yang baru, bukan kartu dari bawaan modem tipe tertentu. untuk balik lagi ke paket EVO anda bisa menggunakan kembali simcard bawaan yg memang sudah langsung paket connex evo atau bisa juga simcard yang baru namun diregistrasi ke smart connex evo. Tapi perlu anda pertimbangkan, ketika simcard anda sudah menjadi connex evo maka anda tidak akan bisa kembali lagi ke layanan unlimited kecuali diganti lagi simcardnya dengan yang baru. terima kasih, mudah-mudahan membantu.

      Delete
  56. terima kasih banyak :)
    blog nya sangat membantu.
    saya akan mencoba sesuai dengan artikel di atas.
    sekali lagi terima kasih banyak. hehe

    ReplyDelete
  57. misi neh
    Aku baru kmarin malam beli m0dem smartfren AC782
    Ak pake langsung.. tadi sahur msh bsa loading.. Dan mulai err0r td siang.. Ak kira emang lagi lemot..
    Nah,statisticny ada tp emg dbwah terus, tp d browser ny gak loading..
    Jadi bingung ..
    Apa kuota gratisan ny ud habis ? Cpet bgt.. Gak sampe 24jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dipake buat download mungkin, tapi kalau cuma iseng2 browsing kaya'y ga gitu deh, saya juga dulu baru abis kuotanya 4 hari. mungkin jaringan lagi error gan. dicoba lagi aja.

      Delete
  58. gan logo smartfren dilaptop ane hilang/terhapus sehingga tdk bisa sms atau cek pulsa. cara untuk menampilkannya lagi gimana ya? ane pake modem AC782

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bisa melakukan sms jaringan smartfren anda harus berada pada jaringan hybrid atau 1x. jika masih tidak bisa coba diinstall ulang lagi aplikasi smartfren nya. Terima kasih.

      Delete
  59. gan logo smartfren dilaptop ane hilang/terhapus sehingga tdk bisa sms atau cek pulsa. cara untuk menampilkannya lagi gimana ya? ane pake modem AC782 tolong infonya sms ke no ini aja 089699746017 yg tahu mohon bantuannya ya??

    ReplyDelete
  60. gan ane kan pake modem ce682 ui, trus ane ganti kartu yg warna putih, paket unlimited premium, minggu pertama pemakaian sih lumayan koneksinya rata2 100kbps, tapi ko mulai minggu ke dua jadi lemot banget yah jadi rata2 20kbps, apa mungkin jaringan lagi bermasalah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya kalau paket yg reguler biasanya kecepatan download kalau udah mencapai limit 200mb dengan sendirinya akan menurun ke angka yg sama seperti yang anda alami, tapi keesokan harinya akan kembali lagi dan begitu seterusnya. Untuk yg premium kurang tahu karena udah lama ga pake paket premium, mungkin sama aja ada pengurangan sama seperti paket reguler.

      Delete
  61. Gan, aetelah 1 tahun kok lama2 modemku makin stabil ya...maksudnya stabil di 0 kbps.
    Bikin stres aja. Aku pake yang quota 50rb. Maunya sih ganti yg unlimited tapi masih bingung.
    Lebig stabil & kenceng mana?
    Smartfren yang 50ribu quota sama yang unlimited lebih cepat mana?

    ReplyDelete
  62. Tolong balas di email aja ya Gan.
    m.thoyib_jogja@yahoo.com

    ReplyDelete
  63. wah besuk tak coba dulu =p~ pke evo borosnya minta ampunnnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
  64. oiya mau tanya klo paket unlimited sudah habis masa aktifnya ...setiap isi ulang apa harus daftar lagi.. dan klo fup apa harus isi 10.000 lagi biar kecepatannya normal lagi.. soalnya ada peringatan melewati fup kecepatannya turun 156kb :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar, kalau paket unlimited tiap habis masa aktif paketnya mesti didaftarin lagi.

      Delete
  65. gan,,, modem smartfren saya tipe AC782,, kebetulan saya pengguna baru smartfren, awal mula gunain smartfren di PC saya signal full dan lancar2 aja,,, tapi,, 2 minggu kemudian modem saya susah connectnya, klupun connect kecepatan nya sangat lambat, trus saya cek kuota ternyata masih ada sekitar 3 Giga lagi,,, bisa kasih solusi g gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya sudah pernah dicoba di komputer/laptop lain belum? Kalau bisa sebaiknay dicoba di laptop lain dulu. terima kasih.

      Delete
  66. berhasil gan, akhirnya ane bisa juga pke yg paket unlimited. pas beli ane gk tau klo itu udh langsung connex evo. ane kira musti beli yg kartu khusus internet yg 150 an itu, ternyata pke yg 5000 an jga bisa. makasih bnyk infonya gan. (o)

    ReplyDelete
  67. maksudnya yang putih apanya??
    Karutunya atau kardusnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartunya gan, tapi setelah dicek semua kartu perdana yg harga 5rb warnanya putih semua (saat ini), dan kartu itu yg saya maksud.

      Delete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. salam kenal ya.
    Ane bru bli tu smartfren ac782 tp g bs connect, sdh ane cb reinstal modemx tp ttp g bs connect, laptop ane win xp. Bantuin ane ya gan? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dicoba di komputer lain apa belum?
      Pastikan sinyalnya ada, kalau bisa pada pengaturan pilih jaringan EVDO Only (jika terjangkau). Siakan dicoba dulu, atau anda bisa datang kembali ke toko dimana anda membeli modem tersebut, mumpung masih garansi jadi masih bisa ditukar kalau-kalau modemnya masuk ke dalam kategori gagal produksi. Terima kasih.

      Delete
  70. Makasi brow ini terbukti pada smartfren andromAx v kartunya gak bs dipaket reguler unlimited belum sehari pulsa 50 rb habis setelah ganti kartu bisa deh paket 50rb oh ya bagi tmn2 yg lain yg ingin mencoba kalo blm berhasil coba hp direstart pasti berhasil...

    ReplyDelete
  71. Makasi brow ini terbukti pada smartfren andromAx v kartunya gak bs dipaket reguler unlimited belum sehari pulsa 50 rb habis setelah ganti kartu bisa deh paket 50rb oh ya bagi tmn2 yg lain yg ingin mencoba kalo blm berhasil coba hp direstart pasti berhasil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bos... lumayanlah, walaupun sekarang kecepatannya ga seperti dulu lagi tapi paling ngga bisa menghemat pengeluaran. hahahaha...

      Delete
  72. brow, ini buat modem tipe DF78AH bisa gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah nyoba sih, tapi trik diatas saya coba di beberapa tipe yg lain bisa, ada kemungkinan di tipe punya agan itu juga bisa, coba aja.

      Delete
  73. gan saya mau beli modem smartfren baru harganya 199 rbu biar gk kejebak yg aneh2 tolong minta saran nya ya gan paling cuma saya buat permainan fb doank.....
    di bls ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau modem yg baru sudah dibundel dengan paket Connex EVO berarti anda harus segera menghabiskan kuota pada paket tersebut. Setelah itu, anda ganti kartunya dengan kartu yang baru, beli aja di konter2, harganya cuma 5rb-an setelah itu jika ingin menggunakan paket unlimited bulanan tersedia yg 50rb atau 100rb. Caranya silakan baca lagi artikel diatas beserta jawaban2 dari pertanyaan yg lain.
      Terima kasih.

      Delete
  74. ok makasih gan makin mantep aja ya buat blog nya (o)

    ReplyDelete
  75. Gan tanya dong, itu modem bisa dipake buat PC ga sih kaya modem2 lainnya gitu (yg ga pake wifi), ato cuma bisa untuk koneksi wifi ajah ga bisa koneksi local gitu....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru modem yg dibahas diatas itu memang modem untuk PC/laptop dengan paket (pulsa) harian, mingguan, atau bulanan (reguler/premium).
      Terima kasih udah mampir.

      Delete
  76. Gan, mau nanya dong..q barusan beli AC 782, uda langsung install tapi kok interface gak muncul..cuma ada tanda close, minimize gt doang..uda gw coba uninstall trus install lg sampe 3 kali tp tetep aja..it knapa ya? Apa modemnya yang rusak ya?minta sarannya ya..thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempet bales, pertama yakinkan bahwa spek kompi/lepi anda cukup untuk membuka interface modem itu, jiga masih tidak bisa coba anda tes di kompi/lepi yg lain (punya tetangga atau teman atau siapa aja), kalau di kompi lain bisa berarti kompi/lepi anda yg bermasalah, jika dimana pun tetep ga bisa berarti modemnya yg bermasalah, bawa lagi aja ke toko dimana anda beli modem tersebut. Terima kasih.

      Delete
  77. Gan apa kalo udah jadi Smartfren EVO hybridnya gak bisa di non aktifin ya ? :-?
    Modemku AC692 UI dan terlanjur daftar Smartfren EVO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa koq (beberapa bulan lalu sebelum saya menulis artikel ini), coba di kompi dan tempat lain dulu bos.

      Delete
  78. saya udah connect nih ..
    tapi ga bisa internetan ..
    itu gimana mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada keterangannya ga, kenapa ga bisa internetan?
      Coba cek punya teman? kadang2 memang suka ada gangguan.

      Delete
  79. ngga ada keterangannya mas ...
    saya sudah berkali connect disconnect tapi nnga bisa terhubung ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba modemnya di komputer/laptop yang lain, siapa tau komputer anda mesti diinstall ulang. kalau berbagai cara masih ga bisa, sebaiknya dibawa ke toko dimana anda membli modem tersebut (biasanya modem toko memberikan garansi).
      Terima kasih.

      Delete
  80. Mau nanya gan, ane beli modem smartfren revB yang baru dengan harga 399 ribu.
    Alhamdulillah pemakaian 2 minggu pertama lancar, cuman kemaren masalahny ga bisa connect khusus yang EVDO, hanya yang mode 1x aja bisa -_-
    Ada solusi ga gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake paketnya apa mas? Paket connex EVO atau paket unlimited?
      kalau paket connex EVO kemungkinan besar kuotanya sudah habis.

      Delete
  81. Kunjungan gan.. dari justmuha.com

    emang kalo yang download maniak mah mesti ambil yg unlimited mungkin yah :d
    kalo ane kuota 9 GB udah cukup, kalo kurang kadang ambil yg 18 GB, dah cukup banget malah sering sisa.

    Akhir-akhir ini malah tergoda untuk balik ke telkomsel flash :-) lebih cepet ternyata sekarang, hahaha.

    nice article gan btw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, hahaha... tapi ane dulu make smartfren waktu masih oke-oke nya, download sehari paling dikit 1gb, jadi sebulan dengan 50.000 rupiah bisa download sampai 30gb.

      Delete
  82. saya pake modem smartfren AC782 di Win8 ko ga mau bisa internetan?
    itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau semuanya sudah terinstall, coba ganti web browsernya (mozilla, IE, atau chrome dengan versi terbaru).

      Delete
  83. (h) thanks ya buat infonya udah setaun pake yang kuotanan .. kantong kering ring ring ring ... ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...
      berarti sekarang waktunya kantong dibasahin lagi.

      Delete
  84. misi gan mo tanyabaru beli modem ac782, tu bisa isi ulang (paskabayar) min 5rb/10rb buat perhari gak hehe??? kalo bisa kapan baiknya nonaktifkan evo?? n gimana caranya?? coz ane cuma btuh ol sminggu sekali doang. tolong bantuanya, trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa om, kalau mau pake buat sehari (24 jam) pake aja paket harian harga 7500.
      Cara daftarnya
      *123*3*2*1 atau bisa sms ke 123 dengan format Data Unl1
      tapi connex evo-nya dinonaktifkan dulu, kalau tidak bisa dinonaktifkan berarti om harus ganti simcard yang baru.

      Delete
  85. Kepada seluruh pembaca blog ini (khusus pada artikel ini), mohon maaf apabila ada pertanyaan yang belum sempat dijawab atau mungkin jawabannya terlalu lama, dikarenakan admin sedikit agak sibuk. mudah2-an teman2 yang lain bisa membantu menjawab (bagi yang pernah mengalami hal serupa silakan dishare aja untuk kebaikan orang lain).

    ReplyDelete
  86. mantap trik nya bosss
    kebetulan q pake smart connex evo, bisa pindah paket unllimited 49rb dgn sim baru ,,trimakasih

    ReplyDelete
  87. Mantapp info gan tanks ..ada yang punya software modem Smartfren Connex AC782 UI? kalau ada kabarin ya

    ReplyDelete
  88. pertama saya instal modem ac782 bisa.. tpi trs sya uninstal trs saya instal lagiitu udh gak bisa... kenapa ya?
    pas mau instal nya bisa tapi pas mau akhir2 nya..itu kan ada tulisan please do not plugin nah itu modemnya dia kaya kita keluarin suaranya tapi ternyata itu gak dikeluarin dia kaya keluar sendiri gitu... itu kenapa ya? cara nya kaya mana ya biar bisa diinstal ... saya pake windows 8

    ReplyDelete
    Replies
    1. - coba pada beberapa port USB
      - coba pada komputer/laptop lain. Kalau di komputer lain penyakitnya sama berarti modemnya bermasalah.

      Delete
  89. Salam, gan maaf mengganggu mau tanya, untuk kartu smartfren yang beli baru agar bisa menggunakan paket smartfren unlimited itu ga harus ada tulisan "unlimited" atau harus ada tulisan "unlimited" dikartunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau perdana yang baru (yg dikonter2) sama aja gan.

      Delete
  90. Gan ane pake. Modem smart. Yang. Masih REV A. Mau ganti yang REV B apa pakai kartu yang lama yg di REV A bsa ga gan? Trus kcepaatan nya bagus ga? Soal nya pake REV B katanya bagus dari pada yang REV A mksih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Rev A sama Rev B yang membedakan itu hardware (modem), dan pastinya paket juga harus menyesuaikan...

      Delete
    2. Makasih gan infonya mantap dah seep

      Delete
  91. gan gimana cara mengatasi not responded, karena gw baru beli yang AC782 UI tapi ganti pake kartu lama yang smart lah malah ga konek-konek mohon bantuannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu smart nya dari modem yang lain bukan? biasanya kalau ngambil dari modem lain ga bisa, karena kartu yang sudah dibundel dengan modemnya itu biasanya dikunci oleh pihak smartnya. kalau mau ganti, beli perdana yang baru, harganya murah sekitar 5ribu (di konter2 biasa).

      Delete
  92. gan ane baru beli yang baru nah ane ganti kartu nya pake yang lama kenapa ga konek konek terusmohon bantuanya

    ReplyDelete

Labels