Sitemap yang dimaksud adalah peta situs yang digunakan sebagai sumber informasi bagi serch engine, bukan sitemap bagi pengunjung blog yang biasanya berupa daftar isi, fitur ini sangat bermanfaat dan wajib anda praktekan pada blog anda.



Blogger telah menambahkan Sitemap.xml, sitemap dengan format yang sangat mudah untuk dibaca oleh search engine untuk melengkapi proses pengindeks-an. Fungsi dari sitemap adalah untuk memberikan informasi kepada serach engine mengenai seluruh halaman dan konten yang ada dalam sebuah blog. Karena sangat mungkin search engine luput mengindeks beberapa halaman karena tidak ada link yang diikuti.

karena sitemap langsung disimpan dalam root directory, sama seperti robots.txt, maka mengakses sitemap cukup menggunakan url blog ditambah dengan nama dan format file sitemap, yaitu "sitemap.xml" (tanpa tanda petik). Jadi untuk mengeceknya, silakan lihat sitemap blog anda dengan url:

http://namablogkamu.blogspot.com/sitemap.xml

Dan untuk mengoptimalkan fitur ini, silakan langsung daftarkan sitemap tersebut ke Google Webmaster Tools.  

Masuk ke Google Webmaster Tools, kemudian pilih blog yang mau diedit.
Pada dashbor webmaster, perhatikan kolom bagian kiri, klik pengoptimalan>>peta situs
Setelah masuk pada halaman sitemap (peta situs), klik tombol merah di kanan atas yang bertuliskan "TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS"
Isikan bagian akhir url halaman sitemap (nama file) > sitemap.xml
Kemudian klik "Mengirim Peta Situs"
Segarkan halaman dan anda bisa lihat informasi seperti gambar dibawah ini, mengenai berapa jumlah item yang sudah terkirim, dan berapa item yang sudah terindeks google.

4 komentar:

  1. Makasih boz caranya, sangat bermanfaat bagi saya (h)
    jangan lupa mampir juga di rianujatripangestu.blogspot.com :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali udah berkunjung di blog iseng ini. kapan2 tar ane mampir di blog nte, soalnya sekarang udah mau udahan ngenetnya. heheheh... laper....!

      Delete
  2. untuk SEO penting ne daftarin sitemap.xml ke webmaster, memudahkan google menelusuri website kita.

    ReplyDelete

Labels