Smartphone yang satu ini meski lahir di tahun 2013, tapi sampai saat ini spek yang dimiliki masih cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Smartphone yang berukuran layar 5" FullHD, RAM 2GB, Internal 16GB ini lahir dengan OS Jelly Bean dan sekarang sudah mendapat update sampai OS 5.1 yaitu Lollipop dan sayangnya tidak akan mendapatkan update lagi. Namun begitu, Xperia Z ini termasuk smartphone yang cukup dimanjakan oleh Sony karena dapat mencicipi 3 generasi android.
Rooting adalah kegiatan wajib bagi sebagian pengguna system Android, ya... meraka berdalih android tanpa root ibarat sayur tanpa garam (hehehe...), serasa ada yang kurang, begitulah kira-kira. Bagi yang sudah meng-update Xperia Z nya ke Android 5.0.1 atau 5.1.1 disini saya akan memberitahukan cara me-root XZ dengan OS tersebut (tentu buat yang belum tahu).

Pertama, siapkan bahan-bahan untuk rootingnya. Bisa agan download dari sini.
Kemudian agan ekstrak hasil download tadi, langkah berikutnya adalah :
  • Copy folder mrw ke memory internal di paling luar
  • Install kingroot dan terminal emulator
  • Setelah selesai, buka kingroot kemudian klik TRY TO ROOT (harus ada koneksi internet), ikuti proses sampai sukses.
  • Jika sudah selesai, lanjutkan dengan membuka Terminal Emulatur yang sudah agan install tadi, lalu ketik "SU" (tapan tanda petik) dia akan meminta izin dari kingroot, maka izinkan saja.
  • Kemudian ketik "sh /sdcard/mrw/root.sh" (tanpa tanda petik) (setelah tulisan sh itu ada spasi gan), tunggu sampai muncul SuperSU kemudian klik lanjutkan, pilih install normal, dan terakhir reboot.
Selesai sudah, Xperia Z agan sudah ter-ROOT, silakan cek dengan aplikasi ROOT CHECKER (bisa anda download di PS). Oiya, sebelum melakukan rooting ada beberapa hal yang perlu agan persiapkan.
  1. Pastikan OS XZ anda Lollipop (cara ini hanya untuk Android 5.0.1 atau 5.1.1)
  2. Persiapkan firmware beserta alat flash untuk jaga-jaga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (harus flash ulang XZ)
  3. Jangan lupa berdo'a
Sekian gan, mohon maaf kalau ada salah-salah kata, silakan perbaiki dengan cara komen yang baik demi perbaikan blog ini di masa depan. Dan saya ingatkan, saya tidak bertanggung jawab atas kejadian XZ agan karna tutorial ini. Tapi tutorial ini sudah saya praktekkan beberapa kali di Xperia Z saya.

0 komentar:

Post a Comment

Labels