Windows adalah sistem operasi yang mungkin paling banyak digunakan oleh penduduk indonesia saat ini, namun tahukah kita kebanyakan windows yang kita gunakan adalah windows bajakan dengan kata lain bukan windows original. Terlalu mahalnya menjadi alasan utama mengapa banyak sekali user yang doyan menggunakan windows bajakan. Tapi tahukah anda apa sih bedanya windows asli dengan windows bajakan?

Windows bajakan biasanya rentan terhadap virus, sehebat apapun antivirus yang anda pakai jika windows yang anda gunakan adalah windows bajakan, maka kecil kemungkin untuk memperbaiki OS anda ketika virus sudah terlanjur banyak menyerang sistem anda, akibatnya pilihan terakhir adalah install ulang windows. Hal ini terjadi karena windows bajakan kita tidak mendapat update dari microsoft sehingga jika terlalu sering terserang virus bisa dipastikan akan banyak file yang corrupt.

Berbeda dengan windows original, seperti yang sudah sering saya alami, windows original tidak terlalu rentan dengan virus. Memang sama-sama bisa terserang virus, namun windows yang ori akan lebih mudah menanganinya dan tidak perlu sampai install ulang windows (menurut pengalaman saya). Mengapa demikian?

Dengan menggunakan windows original kita bisa secara otomatis meng-update file-file windows kita, karena microsoft ini membuat update secara berkala. Jadi, ketika windows kita diserang oleh virus kemungkinan besar windows kita akan corrupt dan itu yang menyebabkan windows rusak, tapi jika selalu diupdate maka update itu akan menambal kebocoran-kebocoran pada windows kita yang suka digerogoti oleh virus.

Lalu, apakah windows bajakan tidak bisa diupate?
Sebenarnya bisa saja diupdate seperti layaknya windows original, akan tetapi jika hal ini dilakukan kemungkinan windows yang kita gunakan akan terdeteksi oleh microsoft bahwa windows kita tidak asli (genuine). Biasanya kalau windows kita terdeteksi bajakan oleh microsoft, akan ada peringatan bahwa windows yang kita gunakan "tidak genuine" dan ini akan melambatkan kinerja pc/laptop kita dan pada akhirnya kita harus meng-install ulang pula. (cape kan....).

Intinya adalah kita tidak bisa membedakan windows original atau bajakan secara fisik karena tidak ada perbedaan sedikitpun. Salah satu cara untuk mengetahuinya yaitu dengan cara yang sudah saya jelaskan diatas. Mungkin masih banyak cara lain yang bisa untuk mengetahui windows original atau bajakan.

Sekarang sudah tahu kan cara membedakan windows ori dan bajakan? Sekarang anda bisa menentukan sendiri apakah anda akan menggunakan windows ori atau bajakan? Jika ingin menggunakan windows ori maka anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak, mungkin bisa seharga dengan komputer/notebook yang anda beli (hehehe....), tapi saya juga tidak merekomendasikan anda untuk menggunakan windows bajakan. Jadi, semua terserah anda, pilihan ada di tangan anda. Dan...

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

18 komentar:

  1. Wah info yang bermanfaat gan. Pengalaman saya yang paling rentan terkena sidak kalo update ya Windows 7 gan. Kalau XP saya belum pernah mengalami kena sidak sewaktu update :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pengalaman orang berbeda2 ya gan, saya sendiri ngalamain kaya gitu cuma di windows xp, waktu saya pindah ke windows 7 setelah install langsung saya update yang mungkin bisa diupdate saat itu, setelahnya baru saya "xxx" gitu dech... maklum dapat windows dari situs resminya tapi ga ada modal buat beli licensi-nya. hehehe.... jadi cari cara lain deh.

      Delete
  2. nice post gan

    mengaharapkan kunjungan balik http://ignathablog.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih udah berkunjung, tar ane kunjung balik.

      Delete
  3. oh jadi membedakannya gtu ya? okedeh

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. sama-sama, terima kasih juga udah mau mampir di blog kacangan ini.

      Delete
  5. artikelnya bermanfaat gan, trims ya

    ReplyDelete
  6. artikelnya baguus bro, sukses selalu yaa :d

    ReplyDelete
  7. thanks banget gan infonya, membantu banget.
    tapi dari pengalaman ane sendiri, windows bajakan bisa diupdate atau gak, tergantung cara kita meng"genuine"kan windowsnya.
    so ada yang bisa di update, ada yang gak n ada yang terdeteksi, ada juga yang gak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip.... masukan yg bagus, terima kasih atas masukannya, saya sangat menghargai pendapat anda. Maklum, dalam dunia hacking, selalu saja ada cara untuk menuju suatu tempat. hehehe.... mungkin itu yg dimaksud oleh saudara. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas masukannya dan mudah2an bisa bermanfaat bagi pembaca yg lain.

      Delete
  8. ;) nice, infona gan..
    Di laptop gw pas instal windows ada kata Genuine koq.. Gw liat di system properties.
    Apa itu genuine / bajakan ?
    Mohon pencerahannya :D
    thanks

    ReplyDelete
  9. karena cape terus-terusan install ulang akhirnya saya pun pakai window original, ya walaupun mahal sih tapi mudah-udahan awet soalnya komputer dipakai ngeblog otomatis kan yang terhubung internet nonstop paling rentan kena virus :D

    ReplyDelete

Labels