Membuat Contact Form atau dengan kata lain Kontak Formulir bisa dikatakan penting, Karena dengan contact form, kedua pihak antara pemilik suatu blog/website dan pengunjung suatu blog/website dapat menjaga privacy masing-masing. Selain itu, memasang contact form juga berfungsi untuk menghindari spam yang dikirim melalui email.

Biasanya pemilik website / blogsite biasa menaruh contact form ini disuatu halaman yang biasanya bertuliskan Contact Me/Contact Us/Kontak Saya, dsb. Sayangnya, blogger/blogspot sampai saat ini belum menyediakan contact form secara khusus, tidak seperti anda membuat blog pada wordpress. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena kita bisa membuat Contact Form sendiri pada blog kita dari layanan external suatu situs.

Baiklah, kita langsung saja ke Cara Membuat Contact Form di Blog.
Step 1
Pilih salah satu website penyedia contact form di bawah ini
  • Email me form : http://emailmeform.com/
  • Jotform : http://jotform.me/
  • 123 Contact form : http://www.123contactform.com/
  • Kontactr : http://kontactr.com/
Buatlah akun di website yang telah anda pilih diatas. Lalu ikuti langkah-langkah untuk membuat contact form. Langkah-langkah yang diterangkan di website di atas sudah sangat jelas, jadi saya tidak perlu menjelaskan lagi disini. Di website diatas, anda dapat melakukan kostumisasi untuk contact form. Seperti menambah form, merubah tulisan form, merubah panjang dan lebar, merubah warna dan masih banyak lagi.

Kemudian, copy kode contact form yang telah anda buat tadi. Disana terdapat beberapa opsi kode yang bisa anda pilih. Untuk blog berplatform blogger/blogspot, anda bisa memilih opsi kode html/javascript.

Step 2
Masuk ke blogger menggunakan email dan password anda
Buatlah sebuah halaman posting baru dengan judul "Contact Me / Kontak Saya / Contact Us / lainnya yang anda inginkan" lalu pilih Setelan entri > Pilihan > Beri tanda pada Jangan bolehkan mode tulis pada bagian Komentar pembaca. Namun, saya menyarankan agar anda menggunakan halaman statis / pages (Untuk membuatnya masuk ke halaman Dasboard > Laman > Laman Baru > Laman Kosong). Karena, anda tidak perlu lagi untuk menyeting lagi seperti halaman posting.
Klik kotak HTML pada pojok kiri atas








Masukan kode contact form yang sudah anda buat tadi ke dalam kotak posting
Untuk melihat hasilnya, klik pada kotak Compose








Jika menurut anda sudah beres bisa langsung klik Publikasikan
Copy linknya dan pasang di menubar / di bagian blog lain yang anda suka
Selesai.

2 komentar:

  1. Sahabatpoker adalah Agen Domino99, Poker Online, Bandarq Terbaik Di Asia yang menyediakan permainan taruhan online seperti poker, domino 99, aduq, bandarq, bandar poker, capsa susun, sakong online
    Sahabatpoker Memiliki Permainan Yang Mudah Dimainkan & 100% Mudah Menang Lohh..
    Cukup Dengan 1 USER ID Anda Bisa Bermain 9 GAME Berkualitas :
    * Poker
    * Domino99
    * AduQ
    * Capsa Susun
    * Sakong
    * Bandar Poker
    * BandarQ
    * BANDAR66 ONLINE
    +++++++++++++++++++++++++++++++
    Promo Spesial Khusus Member Setia Sahabatpoker :
    - Minimal DP & WD Cuma Rp. 20.000
    - BONUS CASHBACK 0.5% ( Setiap Hari Senin )
    - REFERRAL 15% ( Seumur Hidup )
    - 100% NON ROBOT & 100% NON ADMIN
    - 100% GAMPANG MENANG
    - JACKPOT HARIAN HINGGA JUTA RUPIAH
    - MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA TSEL , OVO , GOPAY , DANA
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    AKSES LINK ALTERNATIF TERBARU :
    - mainsahabatpk.com
    - mainsahabatpk.net
    - mainsahabatpk.org
    - mainsahabatpk.info

    < Contact Us >
    Info Lebih Lanjut Hubungi :
    LiveChat : mainsahabatpk.net
    * Whatsapp : Sahabatpoker

    Sahabatpoker, Agen Domino99, Poker Online, Bandarq Terbaik Di Asia

    ReplyDelete
  2. Hai bisogno di un prestito legale, onesto, rispettabile e urgente? La tua ricerca di un prestito legittimo finisce qui oggi perché siamo qui per soddisfare le tue esigenze finanziarie. Se per qualsiasi motivo ti è stato rifiutato un prestito da una banca o da un istituto finanziario non preoccuparti più dei tuoi problemi finanziari perché noi siamo la soluzione alle tue avversità finanziarie. Abbiamo concesso miliardi (valute diverse) in prestiti alle imprese a oltre 32.000 proprietari di imprese. Usiamo la nostra tecnologia di rischio auto-nominata per fornirti i giusti prestiti aziendali in modo che tu possa far crescere la tua attività. Offriamo prestiti di ogni tipo con tassi di interesse bassi e anche un periodo per estinguere il prestito. Hai un cattivo credito? Hai bisogno di soldi per pagare le bollette? o senti il bisogno di avviare una nuova attività? Hai progetti incompiuti a causa di scarsi finanziamenti? Hai bisogno di soldi per investire in una specialità che ti avvantaggerà? ISLAMIC REFINANCING LOAN COMPANY
    l'obiettivo è fornire eccellenti servizi finanziari professionali e_mail: [islamicrefinancing@gmail.com]
    WhatsApp: +15716666386

    ReplyDelete

Labels