Pernahkah anda mendengar akun facebook atau email yang dibajak? atau anda sendiri pernah mengalami hal seperti itu? Jangan kaget, sekarang ini memang sudah sangat marak hal-hal seperti itu, tidak jelas apa motifnya yang pasti peretas ini sangat merugikan orang yang menjadi korban peretasan tersebut. Sering kita dengar ada orang yang mengeluh bahwa akun facebooknya membuat status-status yang aneh yang sebenarnya dia tidak membuat status seperti itu, ini adalah contoh bahwa akun tersebut sudah dihack oleh hacker yang tidak bertanggung jawab, dan ini biasanya terjadi karena keteledoran kita.

Jika anda pengguna internet di tempat umum (warnet), jangan pernah meninggalkan tempat itu sebelum anda yakin bahwa semua akun anda telah ditutup atau dilogout, entah itu email, facebook, twitter, atau yang lainnya. Dari sinilah biasanya tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab akan mempermainkan akun anda baik di email, facebook, twitter, atau yang lainnya. Dan bisa lebih parah lagi, jika yang mendapati akun yang terbuka ini adalah seorang peretas atau yang biasa kita kenal hacker akan merubah password akun kita sehingga kita tidak bisa lagi membuka akun kita tersebut, sebaliknya peretas ini atau hacker ini yang akan mengendalikan sepenuhnya atas akun kita.


Tapi jangan salah, para peretas atau hacker ini adalah orang-orang pintar di dunia maya, dia bisa membobol akun kita padahal kita tidak pernah memberitahu password akun kita atau kita tidak pernah meninggalkan internet sebelum menutup semua akun. Untuk itu, ada baiknya anda perhatikan saran berikut untuk membuat password yang aman, yang mungkin sulit untuk dihack oleh orang lain :

  • Buatlah Password yang panjang. Biasanya sebuah situs mewajibkan kita membuat password minimal 6 karakter, lebih dari itu akan lebih baik. Dan coba saja, anda buat password yang panjang kira-kira 15 sampai 20 karakter atau lebih. Terinspirasi dari sebuah film yang berjudul "The Specialist" yang diperankan oleh Sylvester Stallone yang dalam ceritanya dia adalah mantan anggota CIA yang ahli dalam merakit bom. Dia memiliki tempat tinggal sendiri yang dipenuhi dengan teknologi canggih (saat itu) dan semuanya diakses melalui komputernya yang canggih. Bukan mau membahas film ini, akan tetapi yang mau saya utarakan adalah password yang dia gunakan untuk mengakses komputernya ini yang sangat unik, tidak terdiri dari beberapa hurup, juga bukan satu kata, melainkan sebuha kalimat! artinya password tersebut terdiri dari beberapa suku kata yang dirangkai menjadi sebuah kalimat. Dan password tersebut adalah "Di ujung dunia, bu!" dan ini menjadi inspirasi saya ketika saya membuat password untuk akun-akun saya di dunia maya.
  • Hindari penggunaan kata-kata umum dan yang mudah ditebak. Sebuah akun yang menggunakan password degan kata-kata umum akan lebih mudah dihack oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu hindari penggunaan kata-kata yang sudah umum. Selain itu, hindari juga membuat password dengan nama sendiri atau tanggal lahir dan lain sebagainya yang mengarah kepada pribadi anda, karena ini akan sangat mudah ditebak oleh para peretas.
  • Gunakan Kombinasi Huruf dan Angka. Salah satu cara terbaik adalah dengan mengkombinasi antara huruf dan angka, misalnya "contoh123456" atau "123contoh456".
  • Gunakan Singkatan Kalimat. Cara ini adalah salah satu cara yang ampuh untuk keamanan akun anda, contoh "sasbymdtb" yang artinya "saya adalah seorang blogger yang masih dalam tahap belajar"
  • Mengganti Huruf dengan Angka atau sebaliknya. Menggunakan tulisan gaya alay ternyata cukup bisa mengamankan akun kita, tidak adalah salahnya anda buat password dengan gaya alay, misalnya mengganti huruf A dengan angka 4 atau sebaliknya.
  • Buatlah password yang berbeda-beda pada setiap akun. Kalau yang ini pasti semua sudah tahun dan sudah melakukannya, iya kan? cukup berbahaya jika menggunakan password yang sama pada semua akun-akun kita. Bedakan password untuk email, facebook, twitter dan yang lainnya agar tidak mudah diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai pedoman dalam membuat password untuk akun-akun anda, dan usahakan untuk mengupdate password secara berkala, mungkin 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali juga sangat baik, jangan membiarkan password anda selamanya seperti itu dan tidak pernah diupdate.

11 komentar:

  1. ada benernya juga sih! :-) :-) :-)

    ReplyDelete
  2. I think the admin of this web page is actually working hard in favor of his website,
    for the reason that here every material is quality based stuff.


    Here is my website - http://matchnepal.com/blogs/entry/Some-Suggested-Exercises-To-Use-Your-Jumping

    ReplyDelete
  3. I all the time used to study post in news papers but now as I am a user of web
    so from now I am using net for posts, thanks to web.

    Feel free to visit my weblog - workouts to improve vertical

    ReplyDelete
  4. Right away I am going to do my breakfast, afterward having my breakfast coming over again to
    read other news.

    my page workouts to increase vertical leap

    ReplyDelete
  5. bener bener paten tipsnya saya udah praktekan ....

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Terinspirasi dari sebuah film yang berjudul "The Specialist" :>) :>)

      Delete

Labels