Sudah lama juga saya mengabaikan blog ini, tidak ada update, tidak ada posting baru, dan sekarang saatnya mengupdate blog mumpung lagi ada kesempatan. Maklum admin blognya kemarin-kemarin lagi sibuk di luar, biasalah mencari tambah-tambah buat ini itu, akhirnya blognya tidak terurus.

Senang rasanya saat pekerjaan di luar selesai karena selain dapat penghasilan tambahan juga bisa iseng-iseng bikin posting baru untuk memperkaya isi dari blog ini. Tapi gimana rasanya bila apa yang sudah ada dalam pikiran, semua sudah disetting dalam schedule tiba-tiba muncul masalah baru, dan kali ini masalah datang dari lingkungan sendiri. Awalnya mau langsung fokus ke blog namun ada masalah karena komputer yang biasa digunakan terjangkit penyakit alias sedang ada masalah yaitu komputer sering restart saat sedang digunakan, tidak tanggung-tanggung dalam waktu 1 jam komputer bisa restart sendiri sampai 5 kali bahkan lebih. Dan masalah ini menjadi masalah lagi karena komputer yang saya gunakan adalah komputer yang dijadikan server di tempat kerja, otomatis jika komputer server mati/restart maka komputer yang lain pun tidak bisa konek ke internet, karena semua komputer bergantung penuh pada komputer server ini.

Hari pertama peristiwa itu terjadi tidak terlalu saya ambil pusing karena pada hari itu komputer cuma ngerestar 4x dalam sehari, dan pengguna komputer lain pun bisa memaklumi. Tapi dihari berikutnya komputer bertambah parah, setelah 1x restart jadi tambah sering restart, dalam 1 jam saja komputer itu bisa restart sendiri sampai 5x lebih. Dan ini menjadi masalah bukan hanya untuk saya tapi untuk pengguna yang lain juga.

Akhirnya diputuskan juga untuk memperbaiki dulu komputer yang bermasalah ini, tidak masalah komputer yang lain untuk istirahat dulu selagi komputer server diperbaiki. Dalam fikiran saya sudah terbayang salah satu dari yang berikut ini sudah tidak layak pakai lagi.
  • Ada kemungkinan processor terlalu panas yang dikarenakan fan/pendingin sudah tidak bekerja dengan baik.
  • Motherboard terlalu panas juga dapat menyebabkan hal diatas terjadi.
  • Kerusakan pada bagian RAM juga dapat menyebabkan komputer sering restart
  • VGA Card, jika menggunakan VGA Card baik itu AGP atau PCI-E juga berpotensi menjadi alasan terjadi masalah seperti diatas.
  • Terakhir yang saya curigai adalah Power Supply karena tidak dapat dipungkiri bahwa listrik di daerah saya ini kurang begitu bersahabat dengan elektronik.
Langsung saja saya bongkar CPU-nya dan saya lepaskan semua hardware (perangkat keras) yang ada dalam CPU tersebut. Walau pun masalahnya cuma satu yaitu restart sendiri tapi saya lebih senang membersihkan semua hardware yang sudah saya lepaskan tadi seperti pada artikel yang ini.
 
Pada processor saya pikir tidak ada masalah karena processor yang saya gunakan adalah processor Dual Core, walaupun ini sudah mulai ketinggalan zaman tapi dirasa masih cukup dan belum begitu berumur, jadi saya mengira bukan processor yang menyebabkan komputer saya restart terus. Begitu pun pada pendingin processornya, baru beberapa minggu yang lalu saya mengganti pendingin processor dengan harga yang sedikit lebih mahal, karena komputer server ini tidak kurang dari 20 jam sehari (penggunaannya), jadi saya rasa bukan ini juga penyebab dari penyakit komputer saya ini (restart sendiri).
 
Kemudian saya ganti ram dan vga satu persatu (tidak bersamaan) untuk memastikan apakah vga card atau ram yang bermasalah, ternyata setelah menggunakan ram dan vga yang lain hasilnya sama saja, komputer saya masih tetap restart sendiri dalam hitungan beberapa menit. Seperti yang saya tulis diatas, jadi akhirnya saya jatuh hati kepada power supply, karena dari beberapa pilihan diatas cuma power supply yang belum dites. Tapi karena firasat saya sudah sangat besar bahwa penyakitnya pada power supply jadi saya langsung membeli power supply yang baru merk simbadda harganya 180.000 (dua kali lipat dari harga power supply biasa) karena power supply ini sudah saya buktikan cukup baik (harga jarang bohong bahkan tidak pernah kecuali jika nasibnya buruk).
 
Firasat saya ini tepat sekali, setelah power supply saya ganti dengan yang baru, komputer saya normal lagi dan sampai sekarang tidak ada lagi penyakit seperti kemarin (restart sendiri), begitu pun dengan power supply yang saya ganti tadi saya coba pasangkan pada cpu yang lain, dan hasilnya dalam waktu 2 jam dari sejak dihidupkan tiba-tiba ada suara ledakan dari komputer itu dan mengakibatkan aliran listrik di tempat saya korslet dan MCB pun turun.
 
Dari pengalaman itu, dapat saya simpulkan bahwa penyebab komputer sering restart bisa disebabkan karena processor yang sudah berumur (bisa juga pendinginnya yang kurang baik), suhu panas pada mainboard yang berlebih, ram atau vga sudah mulai ada yang rusak (komponennya), dan power supply adalah yang paling sering menjadi penyebab komputer sering restart sendiri. Tidak cuma me-restart sendiri, kerusakan pada power supply juga bisa menyebabkan komputer sering hang dan ini pernah saya alami beberapa tahun yang lalu.

2 komentar:

  1. Bener gan, kompi ane juga sering restart gara-gara power supplynya dah gak bener. Alhasil pas dicoba pake PS lain, kompi ane hidup sehat :D

    ReplyDelete

  2. Sdomino99 Merupakan Salah Satu Situs yang terpercaya Di Indonesia
    sdomino99.org Memiliki Permainan Yang Mudah Dimainkan & 100% Mudah Menang Lohh..
    Cukup Dengan 1 USER ID Anda Bisa Bermain 9 GAME Berkualitas :
    * Poker
    * Domino99
    * AduQ
    * Capsa Susun
    * Sakong
    * Bandar Poker
    * BANDARQ ONLINE
    * BANDAR66 ONLINE
    +++++++++++++++++++++++++++++++
    Promo Spesial Khusus Member Setia Sahabatdomino :
    - Minimal DP & WD Cuma Rp. 20.000
    - BONUS CASHBACK 0.5% ( Setiap Hari Senin )
    - REFERRAL 20% ( Seumur Hidup )
    - 100% NON ROBOT & 100% TANPA ADMIN BERMAIN
    - 100% GAMPANG MENANG
    - JACKPOT HARIAN HINGGA JUTA RUPIAH
    - MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA TSEL , OVO , GOPAY , DANA
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    AKSES LINK ALTERNATIF TERBARU :
    - sdomino99.com
    - sdomino99net
    - sdomino99.org
    - sdomino99.info

    < Contact Us >
    Info Lebih Lanjut Hubungi :
    LiveChat : Sdomino99.net
    * Whatsapp : Sahabatdomino

    Situs QQ Online, Agen Domino99 dan BandarQ Online Terbesar Di Asia

    ReplyDelete

Labels