Senang rasanya jika kita mempunyai sebuah blog yang bisa nongkrong di peringkat satu pada search engine seperti google. Jangankan peringkat 1, bisa nongkrong di halaman pertama pun senangnya bukan main luar biasa, tidak peduli entah ada di peringkat berapa yang penting bisa nampang di halaman pertama. Namun, tidak sedikit dari para blogger yang putus asa karena sudah sekian lama ngeblog tapi masih belum terindeks juga oleh search engine semisal google, yang menyebabkan blogger males untuk membuat postingan lagi karena merasa pekerjaannya selama ini sia-sia.
Memang tidak mudah untuk bisa menjadi no satu di search engine "google", karena persaingan sangat ketat apalagi jika postingan kita termasuk tema yang umum dan orang lain pun membicarakan itu. Perlu kerja keras dan kesabaran yang super tinggi dan disertai dengan trik-trik jitu yang diantaranya bisa anda dapatkan disini mengenai trik jitu tersebut.

Hampir 50% lebih pengunjung blog kita adalah berasal dari search engine. Untuk itu, kita harus bisa mengoptimalkannya, agar yang 50 persen itu tetap bertahan atau kalau mungkin lebih, sehingga lebih banyak lagi traffic yand dihasilkan dari seach engine. Untuk itu, blog kita harus bisa terindeks oleh search engine dan usahakan lebih cepat terindex agar mendapat posisi terbaik. Berikut ini adalah beberapa tips agar blog cepat terindeks oleh google search engine :

Pertama >> Daftarkan Sitemap Blog ke Google Agar Cepat Terindeks
Seperti yang pernah saya tulis di postingan sebelumnya, Sitemap adalah peta situs yang digunakan sebagai sumber informasi bagi search engine, dan bukan sitemap yang berupa daftar isi.

Blogger.com telah menambahkan sitemap.xml. Fungsi dari sitemap adalah memberikan informasi kepada search engine untuk mengenal seluruh halaman dan konten yang ada dalam sebuah blog. Karena bisa saja search engine luput mengindeks beberapa halaman karena tidak ada link yang diikuti. Masih ingat cara mendaftarkan sitemap blog ke google? kalau sedikit lupa silakan baca disini.

Kedua >> Rajin-rajin Share Blog kita ke Sosial Media atau Sosial Bookmark
Salah satu cara yang dirasa ampuh adalah dengan memanfaatkan sosial media. Jangan pernah ragu untuk membagikan (share) tulisan yang telah kita buat ke sosial media seperti facebook, twitter, dan sebagainya. Bisa juga kita submit post terbaru ke sosial bookmark, salah satunya contoh lintas.me.

Rajin membagikan halaman baru blog kita ke sosial media atau sosial bookmark selain blog kita bisa terbaca oleh search engine juga bisa mendatangkan traffic dari sosial media atau bookmark tersebut. Teman kita bisa datang berkunjung ke blog kita.

Ketiga >> Link yang Berkualitas Agar Segera Terindex Google
Cara sederhana namun berkualitas bisa seperti ini :
a. Link yang mengarah ke blog kita berasal dari blog yang page ranknya lebih tinggi
b. Link yang mengarah ke blog kita lebih banyak dari pada link yang kita arahkan ke luar

Agar blog kita cepat terindeks oleh search engine kita harus membangun link yang mengarah ke halaman post bukan hanya mencari link mengarah ke homepage atau halaman utama blog saja. Hal ini akan lebih baik, jika link itu berasal dari blog atau web yang dofollow dan relevan dengan halaman post. Hal ini bisa anda lakukan dengan rajin berkomentar yang cerdas, bukan hanya meninggalkan link.

Keempat >> Membuat Internal Link juga Membantu Blog Cepat Terindeks
Seorang blogger biasanya memiliki tulisan yang sejenis, disinilah kita bisa memberikan link post yang dibuat ke halaman post yang sejenis atau yang ada hubungannya. Dalam hal ini ke halaman post lain yang masih ada di blog kita, inilah yang dimaksud link internal.

Kelima >> Update Blog Secara Teratur
Bagaimana blog kita mau diindeks jika tidak ada halaman post yang baru? Untuk itu, usahakanlah untuk rutin mengupdate blog kita dengan tulisan yang berkualitas dan baru. Jika dalam waktu lama blog kita tetap saja tidak ada perubahan, search engine akan malas mengunjungi dan membaca (crawl) blog kita.

Paling tidak, usahakan mengupdate blog kita minimal satu minggu sekali, atau 4 kali dalam seminggu, dan lebih bagus lagi jika kita mengupdate setiap hari. Dan usahakan blog kita juga diupdate dengan konten yang orisinil, dengan begitu spieder search akan rutin membaca blog kita. Selain itu, pembaca setia blog kita akan selalu terpuaskan.

Itulah sedikit tips yang bisa saya bagikan, bukan maksud ingin menggurui tapi hanya sekedar berbagi dari pengalaman. Silakan praktekkan cara diatas dan jangan lupa cari sumber-sumber lain yang mungkin lebih bisa membantu agar blog anda cepat terindeks oleh google (search engine).

6 komentar:

  1. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan udah mau mampir, mohon petunjuk agar blog ini bisa lebih bagus lagi. Maklum gan, newbie nich....

      Delete
  2. Makasih banyak mas, semoga setelah melakukan beberapa hal diatas, blog ane bisa lebih cepat terindex oleh simbah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip gan, semoga sukses, dan blognya bisa laris di mbah google...

      Delete
  3. terimakasih pisan gan, membantu banget..
    jangan lupa kunjungi juga

    www.android-apple.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas postingannya, sangat bermanfaat bagi newbie-newbie, termasuk saya sendiri. Mohon kunjungi blog saya sewaktu-waktu...

    software4u.id1945.com

    ReplyDelete

Labels