Akhir-akhir ini banyak keluhan dari para pengguna smartfren khususnya mereka yang membeli modem baru yang sudah dibundel 1 paket dengan nomornya, dan ternyata pada paket yang baru ini yaitu modem smart dengan tipe AC782 secara otomatis koneksinya menjadi smartfren connex EVO yang diklaim lebih cepat dibandingkan dengan paket internet unlimited, baik itu yang premium apalagi reguler.
Wajar kalau smartfren connex EVO ini lebih cepat dari paket internet unlimited, karena pada paket smartfren connex EVO menggunakan volume based, atau sering kita kenal dengan istilah kuota, dimana jumlah pulsa yang terdapat pada nomor smartfren kita akan secara otomatis menjadi volume dengan nominal tertentu, dan begitu selanjutnya ketika kita mengisi ulang, secara otomatis pulsa yang baru kita isi akan berubah menjadi volume (quota).

Keunggulan dari smartfren connex EVO adalah koneksi yang lebih cepat, namun kekurangannya akan dirasa lebih oleh para pengguna yang berkantong kurang tebal (hehehe...) apalagi para download mania. Karena dengan sistem volume based, ketika kuota sudah habis tidak bisa lagi konek sebelum anda mengisi ulang. Dan berdasarkan pengalaman beberapa orang, untuk pulsa 50 ribu saja akan habis dalam 3 hari (tergantung pemakaian). Sangat berbeda dengan paket unlimited, pulsa 50 ribu bisa digunakan untuk 30 hari (paket unlimited reguler).

Apakah pengguna smartfren connex EVO bisa pindah ke paket unlimited ?
Berdasarkan pengalaman teman yang kebetulan saya sendiri yang membantunya, jika kita membeli modem smart AC782 yang sudah otomatis menggunakan jaringan connex evo, tidak akan bisa pindah ke paket unlimited biasa walaupun ada perintah untuk berhenti berlangganan smartfren connex evo.

Cara yang terbaik mengatasi masalah ini ?
Cara ini sangat ampuh dan sudah saya buktikan, yaitu dengan cara mengganti simcard smartfren anda dengan yang baru. Timbul pertanyaan "modem smartfren AC782 kan di-lock"? Ini yang perlu dipahami, yang di-lock habis (dikunci permanen) adalah kartu simcardnya, dia tidak akan bisa dipakai pada modem jenis lain. Sedangkan untuk modem AC782 dia memang di-Lock, tapi lock (dikunci) disini hanya untuk provider lain. Sedangkan jika anda mengganti dengan simcard smartfren yang baru sah-sah saja dan bisa dilakukan, dan ini cara yang sudah saya pakai dan saya buktikan.

Satu lagi catatan yang perlu anda perhatikan jika akan mengganti simcard smartfren anda dengan yang baru, belilah kartu perdana smartfren baru yang berwarna putih dan jangan yang berwarna merah. (Alasannya tidak perlu saya jelaskan, karena anda akan tahu sendiri). hehehehe..... 





Update (29-08-2013)

Cara menonaktifkan atau berhenti berlangganan paket Connex EVO melalui Member Area atau Data User Personal Dashbor

Register/daftar di http://data.smartfren.com, cara daftarnya sangat mudah, anda hanya perlu memiliki sebuah email aktif, saya rasa semuanya mengerti cara daftar akun smartfren.
Di dalam Member Area atau Data User Personal Dashboard, lihat di gambar di bawah. Anda akan lihat tombol untuk “Non Activate Evo” “Connex Evo OFF”. Klik tombol tersebut. Bisa juga dengan klik di bagian “NOTICE” di pojok kanan atas, klik di link “Connex Evo OFF”.

Tapi saya belum mencobanya, karena saya sendiri sudah tidak menggunakan lagi Smartfren yang katanya "anti lelet" itu. hehehehe.... 
ga sengaja mampir kesini, jadi dicoba aja siapa tahu bermanfaat.