Virus sering dikenal sebagai perusak komputer, para pemilik komputer desktop atau notebook kadang merasa kurang aman dengan saking maraknya perkembangan virus akhir-akhir ini karena dapat membuat komputer mereke mati. Untuk itu, para pengguna/pemilik komputer/notebook biasanya memasang antivirus pada komputer/notebook mereka agar bisa mengamankan sistem dan data-data mereka dari serangan virus.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas "perusak komputer", namun bukan virus yang akan dibahas dalam postingan ini, melainkan DEBU.

Mengapa harus DEBU ?
Jika saya bahas tentang virus, maka semua orang sudah tahu kalau virus itu dapat mematikan sistem pada komputer/notebook. Namun, tidak semua orang tahu bahwa debu juga termasuk sesuatu yang bisa membahayakan komputer/notebook anda khususnya pada hardware. Apa itu hardware? Hardware adalah perangkat keras yang terdapat pada komputer/laptop anda, seperti motherboard, ram, vga, harddisk, dll yang menjadi bagian dari unit pc/komputer/notebook anda.

Jika anda melihat gambar diatas secara seksama, maka anda bisa menyimpulkan bahwa komputer tersebut sudah lama tidak dipakai jadi banyak sekali debu yang menempel, dan kemungkinan ketika komputer tersebut dihidupkan kembali akan menemui masalah, entah tidak bisa tampil dan lain sebagainya.

Komputer saya setiap hari dipakai/dinyalakan, apakah akan berdebu juga? Tentu, karena debu itu sendiri bisa dihasilkan dari perputaran kipas-kipas yang mendinginkan pada CPU anda apalagi jika CPU anda menggunakan beberapa kipas.

Seberapa besar bahaya debu pada komputer?
Cukup berbahaya karena bisa menjadikan salah satu / beberapa hardware komputer anda tidak berjalan. contoh, vga atau ram yang kotor dapat membuat PC anda tidak bisa dihidupkan, dan jika dibiarkan dalam waktu lama bisa berakibat fatal (rusak/tidak bisa digunakan lagi). Untuk itu, lakukanlah pembersihan komputer anda dari debu secara teratur, misalkan 1 atau 2 bulan sekali.

Langkah-langkah :
Lepaskan motherboard dan perangkat keras lainnya yang terdapat pada CPU, lakukan dengan hati-hati.
Jika semua sudah terlepas, siapkan koas atau cleaner ukuran kecil untuk melakuan bersih-bersih pada komputer anda.

 











Pastikan semua sudut pada motherboard anda dibersihkan dengan menggunakan salah satu atau kedua alat tersebut.
Untuk  VGA seperti ini, buka terlebih dahulu kipas pendinginnya lalu bersihkan sampai benar-benar bersih (debu terangkat semua) lalu pasangkan lagi pendingin serta kipasnya.

Begitu pun dengan RAM, bersihkan dahulu dengan koas kemudian bersihkan PIN RAM dengan menggunakan penghapus pensil dan ini berlaku juga untuk PIN pada VGA.

Kipas dan pendingin processor pun jangan lupa untuk dibersihkan sebelum dipasangkan lagi, angkat kipas kemudian bersihkan debu-debu yang menempel pada kipas dan heatsink.

Atau jika anda cukup ekstrim, silakan rendam motherboard anda dengan air agar lebih bersih, namun jangan lupa keringkan setelahnya (bisa dijemur atau dengan metode lain), yang penting jangan sampai terhubung ke aliran listrik sebelum anda benar-benar yakin motherboard atau perangkat keras lain kering.

Demikian cara membersihkan perangkat keras komputer kita dari debu, dan sekali lagi saya ingatkan debu ini sama bahayanya seperti virus. Bedanya, kalau virus lebih menyerang kepada software (perangkat lunak), sedangkan debu menyerang hardware (perangkat keras) pada komputer kita.

5 komentar:

  1. info bagus nih gan, teruslah sharing semua yang agan tau.

    ReplyDelete
  2. wah, tertarik tuh dengan cara di rendam motherboard nya (o) mau coba tapi takut ada masalah sih kalo kena air ;((

    ReplyDelete
  3. pagi menjelang siang..
    makasih yua gan atas infonya yua
    rajalistrik.com

    ReplyDelete
  4. bener gan, kerasa banget habis dibersihkan jadi enteng banget dan gak cepet panas.

    ReplyDelete

Labels