Hmmm... awal menggunakan windows 8 selalu muncul jendela peringatan seperti gambar tersebut ketika hendak menginstall suatu aplikasi. Dari gambarnya saja sudah jelas bahwa aplikasi yang hendak diinstall membutuhkan framework yang harus sudah terlebih dahulu terinstall pada sistem. Seketika langsung terbayang untuk segera menginstallkan
framework yang diminta oleh sistem dan aplikasi yang bersangkutan. Namun, ketika hendak menginstallkan framework tersebut, pesan seperti diatas muncul lagi, tambah bingung karena sistem minta diinstallkan framework tersebut tapi ketika mau diinstall muncul lagi pesan seperti itu. Hadooohhhhh..... Ada apa dengan Windows 8 ??? (Tanda tanya segede gunung).

Hmmm... Laa Yukallifullohu nafsan illaa wus'ahaa...
Jadi intinya, tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya. Jika anda mengalami hal seperti ini silakan ikuti terus sampai akhir agar anda menemukan jalan keluar (solusi) untuk masalah tersebut. Kita langsung ke TKP aja yuk....!

Langkah 1
Masukkan DVD Installer Windows 8 ke dalam DVD Drive PC/Laptop anda, yang punya file ISO nya silakan diekstrak dahulu dengan menggunakan aplikasi MagicISO dan lain sebagainya.

Langkah 2
Buka folder "sources" lalu cari folder yang bernama "sxs" dan copy-kan folder "sxs" tersebut beserta isinya ke folder C:\

Langkah 3
Buka command prompt dengan administrator, bisa anda arahkan mouse anda pada layar paling bawah sebelah kiri, kemudian klik kanan dan cari command prompt (Admin).
setelah terbuka jendela command prompt anda ketikkan seperti dibawah ini.
dism /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /Source:c:\sxs /LimitAccess
kemudian tekan enter. jika semua tahapan dilakukan dengan benar maka installasi framework 3.5 akan segera berjalan.
Tunggu sampai prosesnya 100%, dan ada keterangan The operation completed succesfully.
Jika sudah selesai maka NetFramework nya sudah aktif dan terinstall, anda bisa cek pada Program and feature =>> Turn windows features on or off.
gambar diatas diambil sebelum 3 langkah yang tadi dijalankan, jika sudah menjalankan 3 langkah seperti diatas maka .NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0) akan otomatis tercentang seperti yang lainya.

Saya ingatkan sekali lagi, buka command prompt nya menggunakan Run As Administrator.

2 komentar:

  1. mantaff..lebih gampangnya lg om control panel>> program and features >> klik 2 kali >>checklish netframework 3.5 >> kemudian download dh ,
    jgn lupa on internet sebelumnya untuk donload..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya, tapi saya sendiri belum pernah nyoba kaya gitu, selalu manual dan sangat sebentar koq, ga nyampe sampai 1 batang rokok juga udah selesai. hehehehe....
      Hatur tengkyu gan, udah mau mampir dan ngasih saran, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

      Delete

Labels