Wednesday, December 19, 2012


Mungkin sobat pernah mengalamai hendak masuk ke BIOS namun tidak bisa karena BIOS meminta password untuk masuk sedangkan sobat lupa dengan passwordnya. Sebenarnya sangat simpel sob untuk mengatasi masalah ini, namun jika belum tahu semuanya pasti terasa susah. hehehehe....


Okeh,,,, langsung kita bahas. Kalau sobat ngalamin hal seperti itu, langkah yang harus diambil adalah siapkan segelas kopi dan beberapa batang rokok, kemudian bongkar CPU sobat, dan coba sobat perhatikan terlebih dahulu semua komponen yang ada dalam CPU sobat (kalau perlu kenalan dulu satu persatu, heheheh...).


Pada papan induk atau yang biasa kita kenal motherboard atau mainboard sobat perhatikan bagian-bagian disekitar batre kecil seperti batre jam namun ukurannya lebih besar. Sobat cari jumper yg memiliki 3 pin, misalkan pin 1-2-3 yang terhubung adalah pin 2-3, maka sobat cabut jumper yang ada di pin 2-3 kemudian pindahkan ke posisi 1-2 selama kurang lebih 5 detik, setelah itu kembalikan lagi ke posisi semula. Cara ini biasanya ampuh.

Namun jika cara diatas dirasa cukup rumit maka gunakan cara yang ke-2 ini yaitu mencabut batre yang ada disitu yang ukurannya lebih besar dari batre jam tangan. Namun ini akan menghilangkan garansi jika komputer sobat masih memiliki garansi, tapi jika komputer sobat sudah lama atau sudah tidak ada garansinya, hmmmm... cara ini paling cepat dan paling gampang. Cabut batre selama beberapa detik, kemudian pasangkan lagi dan dijamin anda bisa masuk lagi ke BIOS tanpa dimintai password.

Sebenarnya masih ada cara yang lain, namun saya rasa ke-2 cara diatas semuanya manjur dan dapat dipertanggungjawabkan. hehehe.....

Sekian tips untuk membuka BIOS yang terkunci. Namun bagaimana membuka password bios pada laptop? sementara ribet kalau harus membongkar casing. Hmmmm.... nantikan jawabannya pada postingan berikutnya.

Oia... dengan mencabut batre, maka setting bios akan kembali ke default lagi, untuk itu anda perlu men-setting ulang jam, tanggal dan beberapa pengaturan lain yang dirasa perlu dirubah.

2 komentar:

  1. Replies
    1. Sama-sama gan, terima kasih juga udah mau mampir dan menyempatkan blog kacangan ini. hehehehe... :d :d :d

      Delete