Artikel ringan namun suatu saat pasti akan berguna untuk anda atau mungkin saat ini juga ada yang sedang mencari artikel seperti ini. Sederhana namun cukup bermanfaat, "memanipulasi status SP2 menjadi SP3 pada sistem operasi Windows XP".

Apa sih pentingnya status SP2 atau SP3 pada windows xp?
Ada beberapa aplikasi/software yang tidak bisa diinstal di komputer/laptop kita karena kita masih menggunakan windows xp sp2, sedangkan aplikasi tersebut punya standar tersendiri yaitu harus minimal windows xp sp3.
Nah,,, artikel ini pasti berguna buat anda yang ngalamin hal tersebut tapi males untuk install ulang windows anda.


Untuk mengetahui windows xp anda sp2 atau sp3 tentu sudah tahu caranya, tapi kalau anda belum tahu berarti saya harus ngasih tahu dulu dari mana sih kita tahu sp berapa windows xp kita. Klik kanan icon My Computer yang ada di desktop, kemudian klik properties, maka akan muncul seperti gambar diatas. Tertera jelas disitu windows xp kita sp (service pack) berapa.

Males banget kan kalau cuma buat dapetin SP3 aja mesti install ulang windows, heheheh.... Tapi anda tidak perlu khawatir, saya akan kasih tahu bagaimana caranya untuk merubah SP2 menjadi SP3 secara singkat tanpa harus install ulang, trik ini sudah terbukti dan teruji. Jadi anda bisa menginstall aplikasi yang selama ini tidak bisa anda install di komputer atau laptop anda karena OS anda masih menggunakan windows xp sp2.

Okeh,,, langsung aja ke pembahasan pada judul diatas, yaitu memanipulasi status SP2 menjadi SP3 pada windows xp. Langkah pertama buka Registry Editor (Regedit) dengan cara klik start menu --> run --> ketik regedit --> OK.


maka akan muncul kotak regedit (registry editor), kemudian cari 
My Computer -->> HKEY_LOCAL_MACHINE -->> SYSTEM -->> ControlSet001 -->> Control -->> Windows -->> CSDVersion, atau untuk lebih memudahkan pencarian klik pada menu Edit -->> Find Next atau tekan tombol F3 pada keyboar, lalu ketikkan CSDVersion. Maka anda akan menemukan seperti gambar dibawah ini. (CSDVersion ada 2, jadi pilih yang ke-2) atau sesuaikan lokasinya seperti yang tertera diatas.


Double klik CSDVersion yang terletak pada jendela sebelah kanan



ubahlah angka 200 yang ada di Edit DWORD Value seperti diatas menjadi 300 seperti pada gambar dibawah ini.




Setelah itu cek kembali pada properties My Computer anda, apakah sudah berubah menjadi SP3 atau belum? kalau belum, silakan restart komputer anda terlebih dahulu.

Tutorialnya lumayan panjang ya.... tapi intinya cuma sedikit, cuma merubah angka 200 menjadi 300 aja. hehehe.... itulah trik, mudah-mudahan bermanfaat buat anda yang lagi galau karena masalah tersebut. Hwakakakakak.....